40 Tenaga Medis Puskesmas Langsa Kota yang Sedang Dikarantina akan Dilakukan Rapid Test

alat untuk melakukan rapid tes @Kompas

ACEHTREND.COM, Langsa – Sekitar 40 tenaga kesehatan di Pukesmas Langsa Kota yang sedang menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing akan dilakukan rapid test pada Selasa mendatang (28/4/2020).

Demikian disampaikan Kepala Puskesmas Langsa Kota, dr M Akbar, kepada aceHTrend, Sabtu (25/4/2020).
Ia menjelaskan, jika hasil rapid test nantinya ada yang positif, maka mereka harus diisolasi di RSUD Langsa yang telah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

Kemudian, nantinya baru pihak rumah sakit dalam hal ini dokter paru yang menentukan tindakan selanjutnya.

Baca: Dua Warga Positif Corona Hasil Rapid Test Temani Keluarga Berobat ke Puskesmas Langsa Kota, 40 Tenaga Medis Dikarantina Mandiri

“Apakah hanya diambil sampel untuk dilakukan tes swab atau orangnya yang dibawa langsung ke RSUZA Banda Aceh untuk dilakukan tes, itu keputusan rumah sakit,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 40 tenaga medis di Puskesmas Langsa Kota dikarantina mandiri di rumah masing-masing, karena diduga terpapar virus corona atau Covid-19.

Terpaparnya tenaga medis itu berawal pada Rabu petang (23/4/2020), ada seorang warga yang berobat ke Puskesmas Langsa Kota yang didampingi oleh anggota keluarga yang positif Covid-19 berdasarkan rapid test tim Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang.[]

Editor : Ihan Nurdin