Jelang Buka Puasa, Warga di Kota Langsa Serbu Pedagang Takjil

Suasana warga yang berburu takjil di Kota Langsa, Minggu, 26 April 2020 @aceHTrend/Syafrizal

ACEHTREND.COM, Langsa – Menjelang berbuka puasa selama bulan puasa, salah satu kebiasaan warga adalah berburu takjil atau menu berbuka puasa seperti kue kering, kue basah, air kelapa, es teler, air tebu, dan aneka menu berbuka lainnya. Kondisi tersebut tak terkecuali di musim pandemi Covid-19 saat ini, khususnya di Kota Langsa.

Amatan aceHTrend, Minggu sore (26/4/2020), pedagang penganan buka puasa yang berada di beberapa ruas jalan protokol seperti di Jalan Ahmad Yani, Jalan Pasar Langsa, dan di beberapa gampong lain mulai membuka lapak dagangannya sekitar pukul 16.00 WIB.

Begitu pun dengan warga, sekitar pukul 16.30 WIB, mereka mulai menyerbu para pedagang jajanan buka puasa tersebut. Kondisi ini membuat sejumlah ruas jalan menjadi macet karena antrean dari masyarakat yang membeli jajanan buka puasa.

Salah seorang warga Langsa, Rusdi, menuturkan, setiap datang bulan suci Ramadan, dirinya beserta keluarga selalu membeli makanan yang akan disantap saat berbuka puasa.

“Ya, seperti biasa, setiap bulan puasa selalu membeli takjil untuk buka puasa bersam keluarga,” sebutnya.

Menurutnya, berburu takjil bukan hanya semata-mata mencari makanan, tapi ini sudah menjadi tradisi yang dinanti oleh masyarakat khususnya kaum muslim.

Selain itu, dengan berburu takjil ini ia bisa memilih jajanan atau makanan yang menjadi kesukaannya untuk disantap saat berbuka nanti.

“Kalau favorit saya, gorengan dan es kelapa, dan ini berbeda dengan anak-anak, jadi terserah mana yang kita suka bisa kita beli di pedagang takjil,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin