Unsyiah Kini Punya Market Place Sendiri, Namanya Commersyiana

Tampilan muka Commersyiana yang dikelola oleh Unsyiah Press

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Untuk menampung hasil krativitas dan inovasi civitas akademika Unsyiah dan stakeholdernya, sejak kemarin, Minggu (26/4/2020), Unsyiah Press sebagai unit bisnis BLU Universitas Syiah Kuala mencoba untuk mengembangkan sebuah market place yang disebut Commersyiana yang beralamat di https://unsyiahpress.unsyiah.ac.id/commersyiana.

Sebelumnya, sejak awal April 2020 Unsyiah Press sudah ikut ke dalam market place nasional yang sudah exist yaitu Tokopedia di https://www.tokopedia.com/unsyiahpress dan Shopee di https://www.shopee.co.id/unsyiahpress 

Pengembangan ini dilakukan secara bersama oleh Unsyiah Press melalui segenap staf dan relawan mahasiswa di bawah pimpinan Dr. Taufiq A. Gani, M.Eng.Sc selaku Ketua UPT Unsyiah Press dengan dukungan pimpinan Universitas Syiah Kuala.

“Menyambut Idulfitri tahun ini, Unsyiah Press bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kota Sigli memanfaatkan market place di atas untuk pemasaran kue kering hasil produksi ibu-ibu yang sedang menjalani pembinaan di LP tersebut.  Masyarakat umum dapat membeli kue-kue tersebut melalui web Commersyiana, yaitu https://unsyiahpress.unsyiah.ac.id/commersyiana/lebaran-e-sale/ dan juga Tokopedia di alamat https://www.tokopedia.com/unsyiahpress/etalase/lebaran-e-sale,” ujar Taufik kepada aceHTrend, Minggu (26/4/2020).

Pemesanan di Tokopedia kata dia, mengikut standar yang sudah berlaku di market place tersebut. Di Commersyiana juga demikian, pembeli melakukan pemesanan melalui alamat di atas, memilih metode pembayaran online dan pengantaran (shipping) yang disediakan. 

Commersyiana tidak menerima pembayaran cash sebagai kebijakan tetap di Unsyiah Press. Pembayaran dilakukan secara cashless dan online. Saat ini Commersyiana sudah terintegrasi dengan payment gateway yang disediakan oleh Xendit, salah satu perintis perusahaan Fintech yang berlisensi dan terpercaya di Indonesia. Pembayaran dapat dilakukan melalui internet dan mobile banking yang disediakan oleh Bank BNI, Mandiri, dan Permata. Bisa juga dilakukan secara online melalui kartu kredit Visa dan Master, serta toko Alfamart Group. Sedangkan untuk e-wallet seperti OVO, DANA, dan LinkAja akan diimplementasikan awal bulan Mei 2020 ini,” ujarnya.

Pengantaran (shipping) bisa dilakukan dengan cara ambil sendiri (local pickup) atau jasa kurir GoSend atau JNE. Aplikasi Commersyiana sudah terintegrasi lewat API (Application Program Interface) dengan  GoSend atau JNE sebagai perusahaan jasa kurir dan juga Google Service sehingga jarak dan biaya pengantaran dapat dikalkulasi langsung dan ditambahkan dengan perbelanjaan barang.

“Harapannya, fasilitas ini dapat memberikan manfaat bagi BLU Unsyiah dan civitas di era moderen ini. Apalagi pengalaman pandemic Covid-19 yang sedang berlangsung saat ini, di saat physical distancing dilakukan, aktivitas online adalah pilihan,” kata Taufik.[]