Pemkab Aceh Barat Tunda Distribusikan Sembako dari Pemerintah Aceh untuk Warga Terdampak Covid-19

Bupati Aceh Barat Ramli MS

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Sosial Aceh sudah menerima bantuan paket sembako dari Pemerintah Aceh untuk masyarakat terdampak Covid-19. Penyerahan berlangsung di Posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Barat, Selasa (28/4/2020).

Namun, bantuan itu tak langsung dibagikan kepada masyarakat mengingat jumlah paket yang diterima sangat minim.

Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar, menyebutkan, bantuan tersebut jumlahnya sangat sedikit dan jauh dari angka kebutuhan sehingga belum dapat disalurkan kepada masyarakat.  

“Berhubung paket bantuan cuma berjumlah 448 saja, yang kebutuhan sekitar 17 ribu. Sehingga kita belum dapat mendistribusikan ke masyarakat karena jumlahnya sangat sedikit. Nanti dikhawatirkan terjadi selisih paham di masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan ini,” kata Amril saat dihubungi aceHTrend.

Amril mengatakan, bantuan dari provinsi tersebut ditunda dulu pembagiannya, sembari mencari solusi lain. Termasuk berkoordinasi kembali dengan pihak provinsi.

“Kami berharap jika pihak-pihak yang ingin memberikan bantuan agar dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pemerintah daerah dan gugus Covid-19. Sehingga nantinya bantuan tersebut tidak menjadi polemik di masyarakat dan kita bisa menyalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan baik dan tepat sasaran,” katanya.

Anggaran Penanggulangan Covid-19 Aceh Barat 128 Miliar

Sementara itu, Bupati Aceh Barat, Ramli MS, menyebutkan anggaran penanggulangan Covid -19 di Aceh Barat sebesar Rp128 miliar.

Dana tersebut bersumber dari pemangkasan kegiatan Anggaran Pendapatan Belanja Kebupaten (APBK) Aceh Barat tahun 2020, terdiri atas biaya perjalanan dinas keluar daerah, anggaran bimbingan teknis, dan juga anggaran proyek.

“Anggaran ini nantinya akan digunakan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat. Terkait dengan rinciannya akan disampaikan dalam waktu dekat,” kata Ramli MS di Meulaboh, Selasa (28/4/2020).[]

Editor : Ihan Nurdin