Nelayan Minta Pemkab Aceh Singkil Hidupkan Kembali Mercusuar Kuala Anak Lawik

Menara Mercusuar Kuala Anak Lawik Gosong Telaga @aceHTrend/Sadri Ondang Jaya

ACEHTTEND.COM, Singkil – Nelayan Aceh Singkil meminta pemerintah untuk menghidupkan kembali mercusuar di kawasan Pantai Kuala Anak Lawik, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil yang selama ini lampunya sudah padam.

Permintaan tersebut disampaikan nelayan Singkil Utara melalui Panglima Laut, Maswardin Daeli, kepada aceHTrend, Rabu (29/4/2020).

Maswardin mengatakan, lampu mercusuar di Pantai Kuala Anak Lawik sejak beberapa tahun terakhir sudah tidak menyala.

Kondisi itu menyebabkan banyak nelayan yang mengalami kesulitan dan salah sasaran saat mengendarai boat atau perahu robinnya pada malam hari, tatkala memasuki Kuala Anak Lawik.

Akibatnya, boat dan robin nelayan acap kandas membentur bagian muara yang dangkal atau tebing. Tak jarang pula, boat atau robin nelayan tadi banyak yang tersekat dan tenggelam.

“Sudah beberapa tahun belakangan ini mercusuar di Kualo Anak Lawik tidak berfungsi. Oleh karena itu nelayan meminta Pemkab Aceh Singkil supaya menghidupkan kembali lampu suar tersebut,” ucap Maswardin.

Keberadaan mercusuar ini, selain bisa memandu nelayan saat hendak memasuki muara juga bisa membantu navigasi kapal dan boat yang melakukan perjalanan di laut.

Jika lampu mercusuar itu, tidak difungsikan, tambah Maswardin, menara yang sudah dibangun dari anggaran puluhan juta akan dibalut karat. Akhirnya, rubuh dan menjadi sia-sia.

Terlebih lagi, bisa menimbulkan kecelakaan pada robin, boat, dan kapal karena ketidakadaan navigasi.[]

Editor : Ihan Nurdin