Tim Gugus Tugas Covid-19 Abdya Sediakan Wastafel untuk Cuci Tangan di Sejumlah Masjid

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Amiruddin, mengatakan, kini pihaknya mulai menyediakan wastafel untuk mencuci tangan di masjid-masjid dan di tempat umum sebagai upaya mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

“Sementara ada sekitar 10 buah tempat cuci tangan yang sudah kita serahkan untuk ditempatkan di masjid-masjid dan di tempat umum. Sisanya sekitar 50 buah lagi masih dalam proses pembuatan,” ungkap Amiruddin, Kamis (30/4/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya itu menyebutkan, semua wastafel yang disediakan di masjid dan di tempat umum tersebut terbuat dari aluminium yang ditempah oleh pengrajin aluminium terbaik dan berkualitas di Kabupaten Abdya.

“Untuk tahap pertama ini kami sediakan di masjid-masjid dulu, nanti baru di tempat umum agar masyarakat tetap rajin membersihkan tangan di tengah corona,” ujarnya.

Ia menambahkan, penyediaan wastafel lengkap dengan sabun di tempat umum dan di rumah-rumah ibadah itu sangat penting dilakukan guna menjaga kesehatan masyarakat dari ancaman pandemi corona. Selain telah menyediakan tempat cuci tangan, pihaknya juga telah menyalurkan masker kepada sembilan camat untuk dibagikan ke warga terutama jamaah salat Tarawih di masjid-masjid.

Menurut Amiruddin, penyerahan masker untuk masyarakat melalui para camat telah dilakukan pihaknya usai Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan rapat koordinasi di Aula Masjid Pemkab Abdya di Blangpidie, Selasa (28/4/2020).

“Tempat cuci tangan yang kami buat dari alumium itu kemarin juga kami salurka terutama ke masjid-masjid yang banyak jamaahnya dulu. Nanti kalau semuanya sudah selesai dibuat kita salurkan lagi,” pungkas Amiruddin.[]

Editor : Ihan Nurdin