19 Warga Gayo Lues yang Pernah Kontak dengan Pasien Positif Corona Dinyatakan Negatif Covid-19

ACEHTREND.COM, Blangkejeren – Sebanyak 19 warga Gayo Lues yang sebelumnya pernah melakukan kontak dengan salah seorang pasien positif Covid-19 telah dilakukan uji swab di Balai Penelitian, Pengembangan dan Kesehatan (Balitbangkes) di Siron, Aceh Besar dan dinyatakan negatif corona.

Pengambilan sampel itu dilakukan setelah satu orang anak buah KM Kelud yang mengunjungi istrinya di Kabupaten Gayo Lues dinyatakan positif corona hasil uji swab beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah semuanya negatif. Mereka yang diuji sampelnya itu berasal dari keluarga, istri, anak, tetangga, dan penumpang serta sopir angkutan umum dari Medan menuju Gayo Lues,” kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Gayo Lues, Suhaidi, saat dikonfirmasi aceHTrend, Kamis (1/5/2020).

Dia menyebutkan, hasil lab mereka diterima pada 28 April 2020 dan hasilnya semua negatif. Sedangkan pasien asal Gayo Lues yang positif terinfeksi corona berinisial NS (41) dirawat di Rumah Sakit Zainoel Abidin Banda Aceh. Kondisinya telah membaik dan rencananya pasien tersebut hari ini keluar dan kembali ke Gayo Lues.

Selain itu, kendaraan yang masuk ke Gayo Lues kini sudah mulai dibatasi. Dia menyebutkan, kendaraan yang tidak bisa menjelaskan keperluannya langsung disuruh putar balik.

“Jika ada yang mendesak, itu langsung kita masukan ke kategori orang tanpa gejala dan orang dalam pemantauan,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin