Lima Aktivitas Produktif yang bisa Dilakukan selama Ramadan di Masa Pandemi

Salah satu protokol kesehatan yang ditetapkan World Health Organization (WHO) untuk memutus mata rantai Covid-19 ialah physical distancing. Masyarakat diharuskan untuk tetap di rumah dan melakukan aktivitas di rumah.

Selama masa karantina atau di rumah saja, tentu dihantui oleh perasaan bosan karena ruang gerak yang terbatas. Untuk mengatasi rasa bosan itu ada baiknya melakukan aktivitas produktif yang dapat menambah kemampuan diri dan mempertahankan kesehatan.

Adapun aktivitas produktif yang bisa dilakukan selama masa karantina ini, yaitu:

Mengikuti seminar atau pelatihan online

Tren seminar atau pelatihan online semakin menjamur di masa karantina ini. Ada yang berbayar dan banyak juga yang gratis. Kamu bisa memilih tema atau topik yang sesuai dengan minatmu.
Keterbatasan dalam mengadakan pertemuan tatap muka akibat Covid-19 mengubah tren masyarakat untuk melakukan pertemuan dalam jaringan (daring). Di antara aplikasi yang banyak digunakan untuk mengadakan seminar atau pelatihan, yaitu via grup WhatsApp, Instagram, Zoom, Meet, dan lainnya yang bisa digunakan untuk wabinar.

Menyalurkan hobi 

Di masa karantina adalah waktu yang tepat untuk menyalurkan hobimu. Selain bisa mengatasi kebosanan, melakukan kegiatan yang merupakan hobi bisa membuat perasaan senang seseorang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut penelitian dr Christopher D Stanton dari Renown Nevada, responden yang rutin melakukan hobinya memiliki sistem hormonal dan kekebalan tubuh yang lebih baik. Kamu bisa melakukan beberapa hobi seperti memasak makanan dengan resep terbaru, menulis buku, berkebun, menjahit, atau membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang. Mana tahu hobimu bisa mendatangkan penghasilan bila dicoba untuk dipasarkan.

Berjualan online

Berjualan online bisa mengatasi rasa bosan apalagi mendatangkan penghasilan. Kamu bisa mencobanya dengan menawarkan barang dagangan yang kamu buat sendiri atau yang dibuat teman. Bila ingin ditekuni lagi, kamu bisa menjadi reseller dari produk tertentu. Keterbatasan untuk bisa keluar rumah membuat masyarakat memilih untuk belanja secara online, jadi manfaatkan kesempatan itu untuk bisa mendapatkan penghasilan yang tentunya akan menghilangkan rasa bosan.

Silaturahmi via online 

Teknologi dapat membantumu untuk melakukan silaturahmi via online. Bila dulu kamu jarang melakukan komunikasi dengan orang tua atau sanak saudara karena kesibukan kerja, kini saatnya melakukan itu. Apalagi di bulan Ramadan ini, tentu kita sangat dianjurkan untuk melakukan silaturahmi.

Kamu bisa berbagi cerita dengan mereka sehingga akan memperkuat silaturahmi. Walaupun tidak bisa menjumpainya secara fisik, berkat teknologi yang semakin canggih kamu bisa bertatap muka dan melihat ekspresi wajah mereka melalui panggilan video.

Rebahan berkualitas

Selama masa karantina ini kamu bisa melakukan rebahan berkualitas. Maksudnya kamu bisa melakukan tidur siang yang sangat jarang bisa dilakukan di hari biasa di masa kerja. Rebahan juga bisa dilakukan bersama dengan keluarga inti, sambil bercerita tentang pengalaman atau perencanaan yang akan dilakukan setelah masa pandemi ini berlalu.

Nah, bagaimana? Sudahkah kamu melakukan aktivitas produktif tersebut selama masa karantina? Ayo selalu berpikiran dan berbuat positif di bulan Ramadan dan di masa karantina ini. Semoga badai Covid-19 ini cepat berlalu.[]

Editor : Ihan Nurdin