Farid Serahkan Masker Hasil Produksi UMKM untuk Masyarakat Kota Banda Aceh

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, membagikan masker kepada pengurus Masjid Al Huda Gampong Laksana Banda Aceh, Jumat, 1 Mei 2020.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyerahkan ratusan masker kain dari Pemerintah Kota Banda Aceh kepada masyarakat, Jumat (01/05/2020).

Masker-masker itu diserahkan ke setiap masjid yang ada di Kota Banda Aceh, di antaranya Masjid Al Fitrah Kompleks Asrama Kuta Alam, Masjid Al-Huda Gampong Laksana dan Meunasah Baburrahman Gampong Beurawe Dusun E di Kecamatan Kuta Alam.

Masker kain tersebut merupakan hasil produksi UMKM di Banda Aceh yang dicetak sebanyak 100 ribu lembar dan bersumber dari dana pengalihan DPRK sebanyak Rp1,2 miliar yang diperuntukkan bagi seluruh warga kota Banda Aceh untuk menangani Covid-19.

“Selaku pimpinan DPRK, kami berharap dengan penyaluran masker kepada jamaah di Masjid Al-Huda Gampong Laksana agar masyarakat nantinya terbiasa memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah termasuk ketika pergi ke masjid,” kata Farid Nyak Umar didampingi Ketua BKM Masjid Al-Huda Gampong Laksana, Tgk Muhammad Arfan, saat penyerahan.

Menurut Farid, penggunaan masker ini merupakan salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sekaligus menjaga diri agar hidup bersih dan sehat. Oleh karenanya, Farid juga berharap kepada seluruh warga Banda Aceh untuk selalu memakai masker, mencuci tangan minimal 20 detik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas kemudian menjaga jarak fisik, dan jika tidak penting jangan keluar rumah, di rumah saja.

“Mudah-mudahan masker ini bermanfaat bagi warga Gampong Laksana, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Kemakmuran Masjid Al-Huda Gampong Laksana, Tgk Muhammad Arfan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Ketua DPRK Banda Aceh atas penyerahan masker kain tersebut kepada jamaah Masjid Al-Huda, khususnya untuk warga Gampong Laksana.

Arfan mengatakan, selama ini pihak masjid sudah menyampaikan, baik sebelum masuk bulan Ramadan maupun di awal Ramadan, di Masjid Al-Huda tetap dilaksanakan salat berjamaah lima waktu termasuk salat Jumat dan salat Tarawih. Namun, protokol kesehatan harus diperhatikan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah, salah satunya kepada jamaah agar memakai masker ketika pelaksanaan salat jamaah di masjid ini.

“Syukur alhamdulillah, pada kesempatan ini DPRK Banda Aceh sudah membagikan masker kepada jamaah Masjid Al-Huda dan juga kepada Gampong Laksana. Semoga dengan pembagian masker ini, jamaah sudah merasa nyaman melaksanakan salat jamaah di sini, karena selama ini ada sebagian jamaah belum memakai masker,” katanya.

Arfan juga menuturkan, selama ini bila ada warga yang tidak menggunakan masker seperti ada rasa ketakutan bagi warga lainnya dan terganggu kekhusyukan dalam beribadah.

“Sekali lagi terima kasih kepada DPRK dan pemerintah yang diwakili oleh Ketua DPRK kota Banda Aceh, semoga Allah membalas pahala bapak ibu sekalian yang telah berpartisipasi menyerahkan masker ini untuk jamaah dan warga Gampong Laksana,” tutupnya.[]

Editor : Ihan Nurdin