Gampong Baro di Matangkuli Aceh Utara Mulai Salurkan BLT-Dana Desa

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Pemerintah Gampong Baro, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, mulai menyalurkan bantuan tunai langsung (BLT) kepada masyarakat setempat, Sabtu (2/5/2020).

“Ada sebanyak 51 kepala keluarga yang menerima BLT-Dana Desa yang setiap bulan warga miskin mendapat Rp600 ribu per bulan,” kata Geuchik Gampong Baro, Marwan, kepada awak media.

Dia menyebutkan, dana itu diberikan selama tiga bulan untuk warga miskin yang terdampak Covid-19, tetapi pencairan diberikan kemarin langsung dua tahap yakni April dan Mei.

“Bantuan itu sesuai tercantum dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes) Nomor 6 tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020,” katanya.

Dia menyebutkan, BLT-Dana Desa ini akan disalurkan selama tiga bulan, sejak April-Juni 2020 yang besarannya Rp 600.000 per bulan per keluarga. Sehingga setiap keluarga mendapatkan Rp1,8 juta selama 3 bulan.

Kemendesa PDTT menyiapkan anggaran sebesar Rp22 triliun dari pagu Dana Desa 2020 untuk memberikan BLT kepada 12 juta keluarga miskin di berbagai daerah.

Para penerima ini merupakan keluarga miskin yang selama ini belum mendapat bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin