Harga Bawang Merah di Langsa Tembus Rp 64 Ribu Per Kg

ACEHTREND.COM, Langsa – Harga bawang merah di Kota Langsa melambung tinggi, dari biasanya hanya Rp36 ribu per kilogram kini mencapai Rp64 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang rempah-rempah di Pasar Langsa, Iskandar, kepada aceHTrend, Minggu (3/5/2020), menuturkan, sejak sepekan terakhir ini harga bawang mencapai Rp64 ribu per kilogram, hal ini disebabkan pasokan bawang dari Sumatera Utara mulai sulit. Bahkan, beberapa waktu yang lalu, bawang merah di Langsa sempat langka, tetapi kondisi ini tidak berlangsung lama.

Sementara itu, untuk harga jenis rempah-rempah lainnya ada yang turun dan ada yang stabil, seperti cabai merah turun menjadi Rp24 ribu per kilogram dari biasanya yang mencapai sekitar Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram.

Untuk harga cabai hijau Rp20 ribu per kilogram, cabai kecil Rp30 ribu per kilogram, tomat Rp8 ribu per kilogram dan bawang putih Rp36 ribu per kilogram.

Iskandar berharap kepada Pemerintah Kota Langsa melalui dinas terkait, untuk mengambil kebijakan sehingga bisa menstabilkan kembali harga bawang merah yang harganya sudah sangat melampaui.

“Saat bulan suci Ramadan seperti ini, konsumsi bawang merah cukup meningkat, hal ini menjadi beban masyarakat,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin