[Ruang Semangat]: Agar Pikiran Positif, Lakukan Empat Hal Ini di Rumah

Ridia Armis

Oleh Ridia Armis*

Sejak pandemi Covid-19 ada di Indonesia, banyak masyarakat yang merasa takut, waswas, dan panik. Belum lagi masyarakat yang mengonsumsi informasi hoaks setiap harinya yang dapat menambah rasa ketakutan pada dirinya. Seharusnya, di masa-masa yang mencekam seperti sekarang ini, masyarakat harus mampu mengatur pikirannya agar selalu berpikir positif.

Berpikir positif adalah elemen yang sangat penting di tengah pandemi ini karena dengan berpikir positif seseorang akan merasakan hidup yang bahagia, damai, nyaman, dan tentram. Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di masa yang sulit ini agar bisa terjalin rantai sosial yang baik, maka berpikir positif adalah kuncinya. Berpikir positif juga dapat membuat seseorang menerima apa yang sedang dialami, sehingga dapat memotivasi diri untuk bisa melawatinya.

Tidak hanya itu, pikiran yang positif juga mampu menjaga imunitas tubuh manusia agar selalu terjaga. Imun yang selalu terjaga merupakan salah satu cara yang dapat mencegah penularan virus corona.

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan di rumah agar selalu berpikir positif di masa-masa pandemi seperti sekarang ini:

1. Batasi mencari informasi atau berita tentang virus corona

Kerap kali pikiran negatif timbul setelah membaca atau menonton informasi tentang virus corona. Mungkin Anda melakukan hal tersebut untuk dapat mengantisipasi atau mengawas diri. Namun, membaca dan menonton informasi tersebut secara berlebihan juga tidak berefek baik bagi pikiran Anda. Anda cukup membaca atau menonton informasi virus corona dua kali dalam sehari dan harus bersumber dari media atau lembaga kesehatan yang terpercaya. 

2. Menjalin komunikasi dengan orang yang berpikir positif

Berada di lingkungan keluarga, sahabat, dan teman yang berpikir positif juga dapat membuat Anda berpikir positif. Salah satunya Anda bisa saling berbagi cerita positif atau saling menyemangati keluarga dan teman-teman melalui jaringan komunikasi.

3. Menyibukkan diri dengan kegiatan yang disenangi

Selama #dirumahaja, agar pikiran Anda selalu positif yang harus Anda lakukan adalah dengan menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang bisa menyenangkan hati Anda. Misalnya Anda suka membaca buku, maka bacalah buku yang bergenre seperti motivasi, novel, atau bahkan puisi. Untuk Anda yang suka menyanyi maka dendangkanlah lagu-lagu yang Anda senangi dan tentunya masih banyak kegiatan lain yang Anda senangi untuk dilakukan di rumah.

4. Harus percaya bahwa Anda bisa melewati masa pandemi ini

Anda harus bisa yakin pada diri Anda bahwa Anda bisa melewati masa pandemi ini dengan selalu menjaga kesehatan, menerapkan physical distancing, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan. Yang paling penting bahwa Anda harus terus berdoa meminta pertolongan Allah Swt. 

Empat hal tersebut semoga bisa membantu kita semua agar selalu berpikir positif sehingga bisa mencegah kita dari penularan virus corona.[]

Penulis adalah alumnus Komunikasi Penyiaran Islam UIN AR-Raniry

Editor : Ihan Nurdin

Program ini terselenggara berkat kerja sama antara aceHTrend dengan KPI UIN Ar-Raniry, Gramedia, dan PT Trans Continent