Perawat di Aceh Timur Bawa Berobat Pasien Kanker dari Keluarga Miskin ke Banda Aceh dengan Mobil Pribadinya

Nurul Raziah @ist

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Remaja asal Dusun Muda Balee, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur, Nurul Raziah (19) akhirnya bisa dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh untuk pengobatan penyakit kanker kelenjar getah bening (carsinoma of nede) yang dideritanya sejak dua tahun lalu, Rabu (6/5/2020).

Nurul Raziah dibawa ke Banda Aceh berkat bantuan yang dilakukan oleh salah seorang perawat di Aceh Timur, Santi Salawati, yang terus berkoordinasi dengan anggota Polres Kota Banda Aceh, Aipda Khairul Fahmi.

Aipda Khairul Fahmi mengatakan sejak magrib tadi Nurul sudah dibawa ke IGD RSUZA karena kondisinya sangat memprihatinkan.

“Pada Oktober 2019 lalu ibunya Nurul, Bu Antikah sudah mencoba membawanya ke RSUZA untuk pengobatan. Setelah dilakukan biopsi dan menunggu hasilnya keluar, mereka pulang ke kampung,” ujar Aipda Khairul Fahmi kepada aceHTrend, Rabu malam.

Namun, akibat keterbatasan biaya pihak keluarga tidak melanjutkan pengobatan di rumah sakit. Sebaliknya, proses pengobatan hanya dilakukan dengan membawanya ke orang pintar dan berobat kampung.

“Selama ini mereka hanya bisa pasrah karena tidak punya biaya untuk berobat. Ayah Nurul hanya seorang buruh tani yang mendapatkan upah harian sehingga tak ada biaya untuk membawa Nurul berobat,” katanya.

Perawat Santi Salawati yang membawa Nurul Raziah ke Banda Aceh dengan mobil pribadinya. @ist

Namun, dengan adanya donasi dari tim Abu Saba–warga Aceh di Malaysia–dan sumbangan dari Haji Uma yang digalang oleh Aipda Khairul Fahmi, ia pun segera memberangkatkan Nurul ke Banda Aceh karena kondisinya sudah semakin parah. Akibat penyakitnya, Nurul mengalami benjolan yang semakin besar di leher hingga pipinya dan menimbulkan nyeri yang luar biasa.

“Nurul dibawa ke Banda Aceh oleh Bu Santi Salwaty yang sehari-hari bertugas di RS Graha Bunda Idi Rayek, Aceh Timur dengan mobil pribadinya. Beliau sendiri yang menyopiri hingga sampai di rumah singgah C-Four. Kita, khususnya saya pribadi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bu Santi Salwaty,” katanya.

Aipda Khairul Fahmi juga berharap, bagi siapa pun yang ingin membantu biaya pengobatan Nurul bisa menghubungi Ketua C-Four, Ratna Eliza, melalui nomor ponsel 082165080101.[]