Ketua Fraksi PKS Minta Wali Kota Evaluasi Sistem Drainase di Kota Banda Aceh

Tuanku Muhammad

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Anggota DPRK Banda Aceh, Tuanku Muhammad mengatakan salah satu penyebab terjadinya banjir serentak di Banda Aceh kali ini akibat saluran drainase yang buruk sehingga tidak bisa berfungsi normal.

Tuanku mengatakan, dengan tak berfungsinya sistem drainase tersebut, menyebabkan saluran air jadi terhambat dan lambat saat terjadinya hujan. Sementara saat curah hujan tinggi seperti dalam dua hari sebelumnya, limpahan air mengakibatkan banjir di pemukiman penduduk. Kondisi ini kata dia sama seperti yang terjadi pada tahun 2000 silam.

Tuanku Muhammad selaku Ketua Fraksi PKS DPRK Banda Aceh mengungkapkan salah satu penyebab terjadinya banjir di Banda Aceh pada Jumat (8/5/2020). Menurutnya, sistem drainase yang buruk menjadi penyebab utama terjadinya banjir.

“Terlepas dari derasnya hujan, hal ini menunjukkan bahwa sistem drainase kota kita masih buruk,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRK Banda Aceh itu.

Ia menjelaskan, saat ini drainase di Banda Aceh belum berfungsi maksimal. Hasilnya, air yang datang karena hujan deras tak bisa dialirkan dengan baik dan akhirnya meluap hingga ke jalan dan pemukiman.

Oleh sebab itu, Fraksi PKS DPRK Banda Aceh mendorong Pemerintah Kota Banda Aceh untuk mengevaluasi seluruh saluran drainase dan aliran air dari hulu ke hilir. Jika tidak maka banjir di Kota Banda Aceh akan selalu terjadi di saat hujan deras.[]

Editor : Ihan Nurdin