8.073 Warga Abdya Terima Bantuan Sosial Tunai Tahap Pertama dari Kemensos

ACEHTREND.COM, Blangpdie – Sebanyak 8.073 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan sosial tunai (BST) tahap pertama dari dari Kementerian Sosial RI.

Penyaluran BST itu dilakukan melalui kantor pos yang terdapat di Abdya, yakni Kantor Pos Indonesia Cabang Blangpidie sebanyak 4.093 KPM, Kantor Pos Indonesia Cabang Manggeng sebanyak 1.646 KPM, dan Kantor Pos Indonesia Cabang Kuala Batee sebanyak 2.334 KPM.

Kepala Dinas Sosial Abdya, Ikhwansyah mengatakan, BST tersebut merupakan bantuan dampak dari Covid-19, dengan tetap mengacu pada ketentuan Kementerian Sosial RI. Para penerima BST diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang selanjutnya dilakukan verifikasi dan validasi melalui desa.

“Kuota untuk Abdya yang diberikan oleh Kementerian Sosial sebanyak 10.746, setelah dilakukan verifikasi melalui desa, data penerima BST menjadi 8.073 KPM,” ungkap Ikhwansyah, Selasa (12/5/2020). 

Sementara itu, Wakil Bupati Abdya Muslizar MT dalam peluncuran penyaluran BST dari Kementerian Sosial RI tersebut mengatakan, batuan sosial tunai yang bersumber dari Kementerian Sosial RI itu diberikan kepada KPM selama tiga bulan, yakni mulai April hingga Juni 2020.

“Bantuan sosial tunai ini diberikan sebesar Rp600.000 per bulan. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi keluarga yang menerima,” pungkas Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin