Dewan Minta Gapura di Lampaseh Kota Segera Diperbaiki karena Terancam Ambruk

Anggota DPRK Banda Aceh Daniel Abdul Wahab saat meninjau kondisi gapura Gampong Lampaseh Kota yang mengalami longsor di fondasinya, Senin, 11 Mei 2020.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Ketua Fraksi Partai Nasdem-PNA DPRK Banda Aceh, Daniel Abdul Wahab meninjau kondisi gapura di Gampong Lampaseh Kota, Kecamatan Kuta Raja, yang terancam ambruk karena dasarnya mengalami longsor akibat banjir pada Jumat (8/5/2020) lalu. 

Peninjauan tersebut dilakukan pada Senin (11/5/2020) dan turut didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Banda Aceh, Jalaluddin.

Daniel meminta dinas terkait, dalam hal ini Dinas PUPR agar segera menindaklanjuti kondisi tersebut sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jangan sampai gapura ini roboh dan sampai menimbulkan kerugian bagi masyarakat, kita minta ini segera diatasi,” kata Daniel.

Dalam peninjauan itu, Daniel juga didampingi oleh Keuchik Lampaseh Kota, H Masri. Masri meminta agar dinas segera mengambil langkah teknis untuk memperbaiki gapura tersebut.

Selain meninjau kondisi gapura, dalam kunjungannya ke Lampaseh Aceh Daniel juga meninjau rumah pompa yang ada di gampong tersebut.

Daniel menjelaskan, pascabanjir yang merendam Banda Aceh, membuat semua pihak harus siaga satu terhadap banjir yang disebabkan oleh curah hujan tinggi.

“Kita apresiasi langkah cepat yang sudah dilakukan, tetapi kami berharap kepada dinas teknis terkait terutama PUPR agar memantau selama 24 jam keberadaan pompa air yang ada di seluruh Kota Banda Aceh sehingga warga tidak waswas,” kata Daniel.

Terutama di Kecamatan Meuraxa dan Kuta Radja yang dikhawatirkan akan kembali terjadi banjir bila intensitas hujan masih tinggi ke depan. Oleh karena itu, ia meminta agar pemantauan terus dilakukan, tidak boleh lengah, baik sebelum banjir maupun sesudah banjir.

“Artinya, ini harus rutin dilakukan pemantauan jangan kita melakukan hanya ketika musibah datang. Kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujarnya.

Keuchik Lampaseh Kota, H Masri juga mengajak seluruh warganya untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing.

“Kami berharap kesadaran dari masyarakat agar senantiasa melakukan gotong royong membersihkan salurannya, karena dengan bertong royong dapat mencegah terjadi banjir ke depan,” tuturnya.[]

Editor : Ihan Nurdin