Atasi Mata Pegal saat WFH dengan 6 Tips Berikut

Ilustrasi

Meskipun aktivitas di luar rumah dibatasi guna memutuskan mata rantai Covid-19, pekerjaan kantor, tugas kuliah, dan pertemuan daring tetap harus dilakukan. Sehingga muncul istilah work from home (WFH) bagi mereka yang harus tetap bekerja di rumah.

Biasanya para pekerja ini tidak lepas dari yang namanya laptop atau smartphone untuk menyelesaikan pekerjaannya, sehingga tidak jarang membuat mata pegal dan lelah saat berlama-lama menatap layar laptop tersebut.

Ditambah lagi, keadaan yang mengharuskan tetap di rumah membuat mata hanya bisa melihat benda-benda yang itu-itu saja di sekitar rumah. Aktivitas seperti ini sudah berlangsung hampir dua bulan lamanya, sehingga butuh cara tertentu agar mata Anda tetap sehat dan jauh dari rasa letih.


Untuk mengatasi keluhan mata tersebut, Anda bisa melakukan hal sederhana seperti ini 6 tips berikut yang dirangkum aceHTrend untuk Anda.

Atur Pencahayaan Ruangan

Ruangan yang Anda gunakan saat bekerja hendaknya mempunyai pencahayaan yang cukup. Sebab, cahaya yang terlalu terang atau terlalu gelap menjadi salah satu faktor penyebab mata cepat lelah. Cahaya yang terlalu terang akan membuat Anda menyipitkan mata dan cahaya yang terlalu gelap akan membuat mata berair. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan cahaya yang berasal dari sinar matahari atau cahaya lampu dengan menyesuaikan cahaya yang nyaman bagi kondisi mata.

Beri Kesempatan Mata untuk Beristirahat 

Mata juga membutuhkan waktu istirahat, jangan karena terlalu sibuk WHF Anda menjadi lupa waktu sehingga terlalu lama mata berhadapan dengan layar gawai. Oleh kerena itu, beri waktu lima menit untuk mata beristirahat di sela-sela pekerjaan. Usahakan berpindah dari depan laptop agar memberikan kesempatan mata untuk melihat hal yang lain.

Gunakan Kacamata

Terlalu lama menghadap layar monitor pada laptop dapat membuat mata pegal yang apabila dibiarkan dapat memicu ketegangan otot mata. Hal ini dapat berujung pada lesi kata atau katarak. Untuk mengatasinya gunakan kacamata sebagai alat bantu untuk menghindari radiasi yang dipancarkan layar laptop. Terlebih bila Anda memiliki masalah pada mata seperti minus atau silinder.

Sering Berkedip 

Sering berkedip merupakan cara mengatasi mata pegal selanjutnya. Berkedip mampu membantu melembabkan mata dan menghindari gejala mata kering. Mata yang terlalu lama terbuka dapat menyebabkan masalah pada mata, seperti kering, gatal, dan menimbulkan penglihatan berfluktuasi. Untuk mencegah hal tersebut, dianjurkan untuk membiasakan berkedip 10-20 kali setiap menit.

Atur Jarak Mata dengan Laptop

Atur jarak mata dengan laptop sekitar 50 sentimeter. Jika laptop berukuran kecil, sesuaikan dengan jenis font dan ukurannya. Bukan hanya itu, pastikan juga untuk menyesuaikan layar laptop dengan benar, yaitu sekitar 30 derajat setinggi mata.

Menyesuaikan layar dilakukan guna mengurangi stres mata, serta mencegah agar leher dan bahu tidak menekuk. Kondisi tersebut juga merupakan salah satu cara guna mencegah pegal-pegal pada leher dan bahu.

Kompres Mata

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata pegal ialah dengan mengompres mata dengan air dingin. Cara ini bisa membuat mata menjadi rileks dan menghilangkan pegal pada mata. Caranya cukup mudah, ambil handuk bersih dan masukkan ke dalam baskom berisi air dingin. Peras hingga kering dan tutup mata dengan handuk tersebut. Posisikan tubuh dalam keadaan telentang sehingga mata menghadap ke atas. Diamkan selama 5-10 menit. Lakukan sampai Anda benar-benar merasa rileks.

Nah, begitulah enam tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata pegal. Walaupun kerja di rumah, tapi tetap harus memperhatikan kesehatan mata, ya.[]

Editor : Ihan Nurdin