Puluhan Jiwa Mengungsi Akibat Banjir Bandang di Aceh Tengah

Banjir bandang di Paya Tumpi, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah. @tangkapan layar

ACEHTREND.COM, Takengon – Longsor dan banjir bandang yang menerjang puluhan rumah di tiga desa di di dua kecamat di Kabupaten Aceh Tengah telah mengakibatkan puluhan warga mengungsi, Rabu (13/5/2020).

“Ada tiga desa di Aceh Tengah diterjang banjir bandang, dua desa di Kecamatan Kebayakan yakni Paya Tumpi Baru dan Paya Tumpi Induk, serta Desa Daling di Kecamatan Bebesan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, saat dikonfirmasi aceHTrend, Rabu malam (13/5/2020).

Selain itu, longsor juga juga menutup ruas jalan lintas Takengon–Bireuen. “Hingga kini tim gabungan terdiri atas anggota TNI/Polri dan BPBD Aceh Tengah sedang melakukan pembukaan jalan yang tertimbun agar akses jalan kembali normal,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Tagana Aceh Tengah, Azmi, mengatakan akibat bencana alam itu mengakibatkan dua warga mengalami luka-luka. Sedangkan warga yang mengungsi di Desa Paya Tumpi Induk dengan jumlah 11 kartu keluarga dengan jumlah 33 jiwa dan di Desa Paya Tumpi baru sebanyak 7 kepala keluarga dengan jumlah 24 jiwa.

“Untuk saat ini mereka sudah mendirikan posko pengungsian dan masih melakukan pendataan rumah rusak dan jumlah warga yang mengungsi,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin