Mahasiswa KKN di Aceh Barat Produksi Hand Sanitizer untuk Dibagikan kepada Warga

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Mahasiswa Unimal yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) membagikan hand sanitizer kepada warga dan pedagang di Gampong Desa Lueng Baro, Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat. Hand sanitizer tersebut diproduksi sendiri oleh mahasiswa.

Hand sanitizer yang dibagi kepada masyarakat buatan kita dengan tujuan untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona atau Covid-19,” kata Ketua Kelompok KKN-BK Lueng Baro, Muhammad Nasir kepada aceHTrend, Rabu (13/05/2020).

Dia menjelaskan, cara memproduksi hand sanitizer hanya membutuhkan waktu tiga jam. Adapun bahan digunakan seperti daun sirih dan jeruk lemon, dengan cara mengolah campuran air dari rebusan daun sirih dengan perasan jeruk lemon.

“Untuk menghilangkan bau daun sirih yang menyengat dicampur dengan sedikit parfum nonalkohol,” jelasnya.

Dia menambahkan, hand sanitizer alami sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit karena bahannya tidak menggunakan alkohol, dapat melembabkan kulit, dan dapat membunuh berbagai jenis kuman dan bakteri.

“Kita pun berharap agar nantinya masyarakat dapat membuat sendiri hand sanitizer dan kita mengharapkan wabah virus ini segera hilang,” pintanya.[]

Editor : Ihan Nurdin