Petani Abdya Dukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

Kadis Pertanian Abdya, Nasruddin (kiri) bersama Bupati Abdya Akmal Ibrahim (baju batik) saat melakukan pengecekan pengembangan padi varitas Sigupai di penangkaran benih beberapa saat yang lalu. aceHTrend/Masrian Mizani.

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Nasruddin mengatakan, sebagai salah satu daerah sentra produksi padi di wilayah barat selatan Aceh, petani di kabupaten setempat terus bekerja keras untuk bercocok tanam sebagai upaya mendukung ketahanan pangan nasional.

Baru-baru ini kata Nasruddin, secara serentak telah dilakukan penanaman padi di area sawah seluas 10.289 hektare yang tersebar di seluruh kecamatan dalam kabupaten setempat guna mendukung ketahanan pangan nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, target tanam padi seluas 10.289 hektare di lahan sawah sudah tercapai dan insyaallah bulan Juli 2020 nanti Kabupaten Abdya kembali memasuki musim panen raya padi,” ungkap Kadis Pertanian Abdya, Nasruddin (14/5/2020).

Ia mengatakan, pada musim panen padi tahun lalu, produksi gabah di Kabupaten Abdya mencapai 82,312 ton gabah kering panen untuk satu kali musim tanam (MT).

“Jika dikalikan dua MT, maka produksi padi diperoleh petani Kabupaten Abdya mencapai  164.000 ton gabah kering panen setiap tahun dengan tingkat produktivitas rata-rata delapan ton per hektare sawah,” terangnya.

Selain untuk kecupan masyarakat daerah sendiri katanya, Abdya juga bisa menyuplai ke daerah-daerah lain, karena surplus yang dicapai setiap tahun lebih dari 60 persen dari total gabah kering panen yang diperoleh petani.

“Kita berharap hasil produksi yang diperoleh oleh petani nantinya bisa surplus seperti tahun lalu, agar gabah kering panen bisa disuplai ke daerah-daerah lain ditengah Covid-19,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin