Warga Serbu Pasar Murah di Pekan Onan Singkil Utara

ACEHTREND.COM, Singkil – Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh bekerja sama dengan Disperindag, Koperasi, dan UKM Aceh Singkil menggelar pasar murah di Pekan Onan Singkil Utara, Kamis (14/5/2020).

Amatan aceHTrend, warga terlihat datang berbondong-bondong dan sangat antusias belanja empat komoditi kebutuhan pokok yang disediakan yaitu beras isi 5 kg, minyak goreng 2 kg, tepung terigu, dan telur ayam ras.

Masyarakat yang mau belanja kebutuhan tadi diberikan kupon antrean. Lalu petugas menyediakan barang sesuai pesanan dan dipanggil satu per satu. Kemudian pembeli menyerahkan uang kepada petugas sesuai dengan harga belanjaannya.

Salah seorang petugas pasar murah, Rizwar, kepada aceHTrend mengatakan, pasar murah di Singkil Utara ini merupakan pasar murah hari kedua di Aceh Singkil.

Sebelumnya, Rabu (13/5/2020) sudah digelar di Kecamatan Singkil. Besok, Jumat (15/5/2020) akan dibuka di Kecamatan Gunung Meriah. Hari keempat, Sabtu (16/5/2020) akan digelar di  Kecamatan Simpang Kanan.

“Pasar murah ini hanya dibuka empat hari di empat kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil,” ujar Rizwar staf di Disperindag, Koperasi dan UKM Aceh Singkil.

Rizwar menjelaskan, jenis barang di pasar murah dijual di bawah HET karena masing-masing barang telah disubsidi Disperindagkop Aceh. Beras, terigu, dan minyak goreng kemasan masing-masing disubsidi Rp3.000 oleh pemerintah.

Dengan demikian, harga jual kebutuhan pokok di pasar murah ini, beras kemasan isi 5 kg Rp45.000 per karung, terigu per bungkus Rp6.000, minyak goreng isi 1 liter Rp24.000, dan telur Rp30.000 per papan.

Sementara itu, seorang warga Jeren Sungkar mengatakan, meskipun subsidi dari pemerintah relatif kecil hanya Rp3.000 per jenis barang, ini sangat membantu warga.

“Namun, sayang komoditi yang dijual di pasar murah ini sangat minim, hanya empat macam. Sedangkan gula, sirup, mentega, dan lain-lain, tidak disediakan,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin