Cara Alami Mengatasi Bibir Kering selama Berpuasa

Ilustrasi

Dalam keadaan berpuasa, bibir sangat rentan mengalami kekeringan akibat tidak adanya asupan makanan selama lebih 12 jam. Apalagi bila keadaan cuaca panas yang tidak hanya membuat bibir kering, tapi juga berpotensi terkena sariawan dan bibir pecah-pecah. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mulut dan juga penampilan.

Nah, untuk mengatasi bibir kering, Anda bisa melakukan beberapa cara alami yang dirangkum aceHTtrend sebagai berikut:

Menggunakan lip balm yang tepat


Penggunaan lip balm dapat memberi kelembaban pada bibir. Namun, tidak semua lip balm baik untuk mengatasi bibir kering. Beberapa di antaranya justru mengandung bahan yang dapat membuat bibir kering, seperti lip balm yang mengandung mentol dan mempunyai rasa mint.

Lip balm tersebut memang dapat memberikan sensasi dingin dan menyegarkan, tapi mint dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah dari sebelumnya. Jadi, hindari produk lip balmĀ yang mengandung mint atau yang beraroma karena bahan-bahan tersebut dapat mengeringkan bibir.

Sebaiknya, Anda menggunakan lip balm yang mengandung bahan-bahan menenangkan dan melembabkan, seperti petroleum, lanolin, beeswax, dan caramides. Jadi, sebelum menggunakan lip balm baca dulu isi kandungan yang tertera di bagian kotak atau luar lip balm.

Menggunakan pelembab bibir alami

Anda juga bisa menggunakan pelembab bibir alami yang efektif untuk mengatasi bibir kering. Beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pelembab bibir, yaitu lidah buaya.

Gel lidah buaya mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat menenangkan dan merehidrasi kulit bibir yang pecah-pecah.

Bahan berikutnya yang bisa digunakan sebagai pelembab bibir ialah minyak kelapa karena mengandung bahan bersifat emolin yang dapat mengatasi peradangan. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menenangkan dan melembutkan kulit yang kering.

Madu juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Sebab madu mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering dan pecah-pecah.

Bahan alami terakhir yang bisa digunakan sebagai pelembab bibir adalah mentimun. Buah yang satu ini memilki kadar air yang cukup banyak sehingga tidak hanya bisa menghilangkan dahaga, tapi juga bisa menghidrasi kulit yang kering. Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki penampilan bibir.

Konsumsi air putih yang cukupĀ 

Salah satu penyebab utama bibir kering ialah dehidrasi. Saat berpuasa, tubuh sangat rentan mengalami dehidrasi. Apalagi bila Anda mengkonsumsi air putih dalam Jumlah yang sedikit saat berbuka dan sahur.
Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka ia akan manarik partikel air dari area tertentu untuk memastikan sel-sel tetap terhidrasi. Hal inilah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, khususnya di area bibir.

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi air putih dengan meminumnya dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas pada malam hari. Jadi, total konsumsi air putih setiap harinya ialah delapan gelas.

Hindari paparan asap rokok

Asap rokok dapat mengiritasi kulit yang sensitif di sekitar bibir sehingga menyebabkannya menjadi kering dan mudah pecah. Oleh karena itu, saat tibanya berbuka puasa jauhkan diri dari orang-orang yang merokok.

Merokok juga dapat menimbulkan masalah mulut, seperti sariawan dan gusi berdarah. Jadi, agar puasa Anda tidak terganggu dengan masalah mulut, batasi atau berhenti merokok selama bulan puasa ini, jika memungkinkan tinggalkan kebiasaan merokok ini selamanya.

Anda mungkin akan merasakan perubahan yang luar biasa saat berhenti merokok. Bibir yang sebelumnya terlihat kasar, kering, dan mudah pecah-pecah akan menjadi lebih halus dan lembut.

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering selama berpuasa. Semoga ibadah puasanya tetap lancar, ya.[]

Editor : Ihan Nurdin