Pemkab Abdya Tetapkan 23 Mei Hari Meugang Idulfitri, Begini Ketentuannya

Daging meugang yang dijual di Pajak Inpres Lhokseumawe @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pemeritah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menetapkan hari meugang menyambut Idulfitri 1441 Hijriah jatuh pada Sabtu, 23 Mei 2020. Penetapan itu sesuai dengan surat Bupati Abdya Nomor: 450/335/2020 tanggal 18 Mei 2020.

Selain menetapkan hari meugang, pemerintah kabupaten setempat dalam surat itu juga mengimbau agar aktivitas pemotongan dan penjualan daging meugang di daerah Pantee Krueng Beukah Gampong Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie dan di lapangan bola kaki Gampong Seunalop, Kecamatan Manggeng ditiadakan atau ditutup.

Bagi masyarakat atau pedagang yang memotong dan menjual daging dapat dilaksanakan di lingkungan gampong masing-masing. Selain itu, Pemkab Abdya juga menganjurkan agar titik lokasi pemotongan dan penjualan daging meugang dilakukan di tempat yang aman, bersih, dan tidak mengganggu arus lalu lintas, serta tidak bergabung antara satu pedagang dengan pedagang lain guna menghindari kerumunan.

Dalam surat itu juga disebutkan, ternak yang akan dipotong harus sehat dan bebas dari penyakit menular yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh dinas terkait. Selain itu para Pemkab Abdya juga tidak membenarkan memasukkan daging segar atau daging beku dari wilayah lain selain ternak yang dipotong di Kabupaten Abdya.

Bagi masyarakat yang ingin membeli daging meugang, diharapkan selektf dan memperhatikan kualitas daging atau menanyakan SKKH ternak yang dijual.

Imabuan tersebut dikeluarkan oleh Pemkab Abdya dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dan status kedaruratan kesehatan masyarakat Abdya. Selain itu juga merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka penanganan Covid-19. Kemudian Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dari Corona Virus Disease 2019.

Sementara untuk pelaksanaan hari raya Idulfiti, Pemkab Abdya tetap berpedoman pada keputusan Pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Agama.[]

Editor : Ihan Nurdin