77 KK di Gampong Muka Blang Abdya Terima BLT Dana Desa

Perangkat Gampong Muka Blang bersama Muspika Kuala Batee saat menyerahkan BLT dana desa secara simbolis. @aceHTrend/Masrian Mizani.

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sebanyak 77 kepala keluarga (KK) di Gampong Muka Blang, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa tahap pertama tahun 2020.

Penyerahan BLT dana desa tersebut berlangsung di Kantor Keuchik Gampong Muka Blang, Rabu (20/5/2020).

“Alhamdulillah pagi ini kita sudah menyerahkan BLT dana desa dampak Covid-19 untuk 77 KK sebesar Rp600 ribu per KK,” ungkap Geuchik Muka Blang, Khairuddin.

Secara keseluruhan, kata Khairuddin, anggaran desa yang diplotkan untuk penyaluran BLT tahap satu ini sebesar Rp46 juta lebih bersumber dari dana desa tahun 2020.

Ia menambahkan, 77 KK penerima BLT itu sudah memenuhi kriteria. Sebab telah melalui proses pendataan secara selektif bahwa para penerima bukan PNS, bukan penerima bantuan PKH, dan bukan penerima bantuan pangan nontunai (BPNT), serta bukan pegawai BUMN.

“Untuk pendataan, kita meminta agar kepala dusun mendata warga di dusun masing-masing. Kemudian data itu kita musyawarahkan dan kita verifikasi di tingkat gampong dengan melibatkan perangkat gampong, lembaga tuha peut, tuha lapan, pemuda, dan tokoh masyarakat. Setelah itu data tersebut baru diverifikasi di tingkat kecamatan,” jelas Khairuddin.

Ia menyebutkan, proses pendataan yang dilakukan melalui masing-masing dusun tersebut guna menghindari terjadinya tumpang tindih penyaluran bantuan.

“Kita di Muka Blang ini ada tiga dusun, jadi yang mengetahui bagaimana kondisi, layak dan tidak layaknya warga menerima BLT ini adalah kepala dusun masing-masing. Alhamdulillah dalam proses pembagian BLT ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikit pun,” paparnya.

Khairuddin berharap bantuan dampak Covid-19 yang dibagikan tersebut dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk keperluan kehidupan sehari-hari.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan dan dapat membantu ekonomi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” pungkas Khairuddin.

Dalam pembagian BLT tersebut ikut dihadiri Muspika Kecamatan Kuala Batee, pendamping desa, pendamping loka desa, aparatur desa dan tokoh masyarakat Muka Blang.[]

Editor : Ihan Nurdin