125 KK di Meunasah Alue Nisam Dapat BLT Dana Desa Tahap Pertama

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Pemerintah Gampong Meunasah Alue, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa untuk bulan April 2020 di Posko Relawan Gugus Tugas Covid-19 gampong setempat, Kamis (21/5/2020).

Penyerahan bantuan tersebut ikut disaksikan oleh Muspika Nisam, pendamping desa, pendamping lokal desa, dan aparatur gampong. Dibagikan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah.

Geuchik Gampong Meunasah Alue, Safruddin Hanafiah, kepada aecHTrend mengatakan, bantuan tersebut dibagikan untuk 125 kepala keluarga (KK). Masing-masing KK diberikan Rp600 ribu secara tunai untuk satu bulan.

“Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Menteri Desa. Bantuan ini berupa uang tunai bukan dalam bentuk sembako,” katanya.

Untuk menghindari tumpang tindih bantuan, Safruddin menyebutkan terlebih dahulu aparatur gampong melakukan pendataan dengan mengumpulkan semua KK yang ada di lima dusun yang ada di desa setempat.

Setelah data dikumpulkan, kemudian pihaknya melakukan penyaringan dengan memisahkan antara penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan keluarga yang belum menerima bantuan apapun.

“Bagi masyarakat yang sudah menerima PKH, BST dan BPNT tidak mendapatkan lagi bantuan ini, supaya tidak terjadi tumpang tindih bantuan,” sebut Safruddin.

Tambahnya, untuk saat ini warganya telah menerima semua bantuan dari berbagai program. Sebanyak 43 KK dari BST, 110 KK mendapatkan PKH, 125 KK dari BLT dana desa dan ada sekitar 30 KK penerima BPNT dari pemerintah daerah.

“Khusus untuk perangkat gampong, tuha peut dan geuchik tidak menerima bantuan tersebut,” tambahnya.[]

Editor : Ihan Nurdin