Mahasiswa Unsyiah Terapkan Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Zakat di Lokasi KKN

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Seorang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unsyiah di Dusun Bukit Antara I, Cot Girek, Aceh Utara menginisiasi penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan pembayaran zakat di Masjid Raya Nurul Iman Cot Girek yang berlangsung pada Selasa (19/5/2020). Penerapan ini berdasarkan imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar pelaksanaan pembayaran zakat dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir.

Muhammad Raihan Ramadhan, selaku mahasiswa yang sedang mengikuti KKN tersebut mengatakan, KKN ini merupakan KKN Tematik Covid-19 yang dilakukan serentak di seluruh desa tempat mahasiswa mengabdi. Tujuan utamanya untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Saya ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pembayaran zakat ini karena sedang melaksanakan kegiatan KKN, dan ingin menerapkan imbauan yang dikeluarkan oleh MUI tentang pelaksanaan zakat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Yang mana tujuan dari KKN yang saya ikuti ini adalah mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19,” katanya.


Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Raya Nurul Iman Cot Girek, Wajadal Huna, membenarkan bila mahasiswa tersebut berpartisipasi dalam penerapan protokol kesehatan tersebut saat pelaksanaan pembayaran zakat.

“Iya benar, seorang mahasiswa KKN Unsyiah bernama Raihan ikut berpartisipasi dalam membantu pelaksanaan zakat dan memberikan sosialisasi, serta langsung menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan imbauan MUI dalam pelaksanaan zakat di masjid ini,“ ucap Wajadal Huna.

Penerapan ini dilakukan sejak awal berlangsungnya pelaksanaan zakat hingga selesai agar masyarakat dapat memahami dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi seperti ini.[]

Editor : Ihan Nurdin