Pemerintah Gampong Trieng Meuduro Tunong Aceh Selatan Salurkan BLT Dana Desa untuk 105 KK

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Pemerintah Gampong Trieng Meuduro Tunong, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap satu bulan April 2020 kepada 105 kepala keluarga (KK). Penyaluran BLT dampak Covid-19 itu berlangsung di Kantor Keuchik Trieng Meuduro Tunong, Kamis (21/5/2020).

Dalam penyaluran tersebut turut dihadiri Camat Sawang, Masriadi, Babinsa Koramil 04 Sawang, Iptu Heri Mardedi, Bhabinkantibmas Polsek Sawang, Bripka Julianto, Ketua Tuha Peut, pendamping desa, pendamping lokal desa, serta tokoh masyarakat gampong setempat.

Geuchik Trieng Meuduro Tunong, Irwanda, kepada aceHTrend mengatakan, penetapan daftar keluarga penerima manfaat BLT dana desa tersebut dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa dan Surat Edaran Bupati Aceh Selatan. Tahapan yang dilakukan dengan cara mendata dan melaksanakan musyawarah khusus gampong (musgamsus) untuk validasi dan verifikasi secara bersama calon penerima BLT dana desa dengan melibatkan seluruh perangkat gampong, tuha peut, pendamping desa, pendamping lokal desa, babinsa, bhabinkantibmas, tokoh masyarakat, dan relawan Covid-19 Gampong Trieng Meuduro Tunong.

“Secara musyawarah dan terbuka kita membahas by name by andres calon penerima BLT dalam musgamsus dengan memisahkan Keluraga Penerima Manfaat (KPM) PKH, BPNT, Penerima BST Kemensos supaya tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan. Kemudian perangkat gampong, PNS dan pensiunan sebagaimana edaran yang disampaikan oleh Menteri Desa dan Plt bupati Aceh Selatan,” ungkap Irwanda.

Berdasarkan hasil validasi dan verifikasi calon penerima BLT dana desa, forum musgamsus menyepakati secara bersama 105 KK sebagai penerima BLT Gampong Trieng Meuduro Tunong. Setelah pelaksanaan musgamsus kata Irwanda, selanjutnya pemerintah gampong meneruskan berita acara musgamsus daftar penerima BLT kepada Bupati Aceh Selatan melalui Camat Sawang untuk mendapatkan pengesahan.

“Alhamdulillah, setelah mendapatkan pengesahan dari Camat Sawang, hari ini penyaluran BLT sudah kita realisasikan kepada 105 keluarga penerima BLT,” ujar Irwanda.

Ia menyebutkan proses penyaluran BLT tersebut berjalan lancar, aman, dan tertib dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker saat pengambilan BLT di kantor keuchik.

“Bagi penerima yang sakit berat, perangkat gampong didampingi oleh ketua Tuha Peut, Babinsa dan Bhabinkantibmas mengantar langsung BLT tersebut kepada penerima ke rumah masing-masing,” jelasnya.

Irwanda menambahkan, anggaran BLT yang dibagikan kepada 105 KK tersebut bersumber dari dana desa tahun 2020.

“Uang BLT yang kita bagikan hari ini merupakan bantuan pemerintah gampong untuk membantu masyarakat Trieng Meuduro Tunong di masa pandemi Covid-19. Uang itu kita berikan Rp600 ribu per KK,” tuturnya.

Irwanda berharap bantuan yang telah diberikan tersebut dapat meringankan beban ekonomi warganya dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda seluruh dunia.

“Untuk pembayaran BLT bulan April dibayarkan pada bulan Mei, bulan Mei dibayarkan pada bulan Juni, bulan Juni dibayarkan pada bulan Juli. Untuk total anggaran BLT yang bersumber dari dana desa untuk 105 KK selama tiga bulan berjumlah Rp189.000.000,” pungkas Irwanda.[]

Editor : Ihan Nurdin