Pondok-Pondok di Lokasi Wisata PCI Gosong Telaga Terancam Ambruk Akibat Abrasi

Kondisi PCI @aceHTrend/Sadri Ondang Jaya

ACEHTREND.COM, Singkil — Musim badai dan ombak besar yang melanda Aceh Singkil dalam dua hari belakang ini membuat objek wisata Pantai Cemara Indah (PCI) Gosong Telaga, Singkil Utara, Aceh Singkil mengalami abrasi.

Amatan aceHTrend, Kamis (21/5/2020), lokasi yang paling parah terkena abrasi tahun ini ialah kawasan Panarikan, sebelah kanan atau barat objek wisata.

Menurut keterangan salah seorang warga, Hadi Akbar, parahnya abrasi di sebelah Panarikan atau Barat itu, karena datarannya rendah dan pendek. Sehingga ketika ombak besar, air laut nyaris menyatu dengan air sungai.


Selain itu, tambahnya, kawasan Panarikan ini telah membentuk teluk, tidak sama lagi dengan garis pantai. Ia agak menjorok ke daratan.

Akibat abrasi, banyak bangunan pondok wisata menjadi miring bahkan ada yang rubuh. Karena tonggaknya dikikis air dan diterjang ombak.

Selain itu, pohon-pohon cemara yang selama ini tumbuh subur, banyak yang bertumbangan.

Abrasi juga membentuk tebing-tebing pantai yang curam. Sampah dan potongan kayu banyak yang berserakan.

Suasana destinasi wisata kebanggaan warga Aceh Singkil, porak poranda. Terkesan centang perenang dan tak terurus. Tak elok dipandang mata.

Hadi Akbar meminta, pascaabrasi pengelola objek wisata kembali merapikan lokasi. Tanah yang menumpuk diratakan dan pohon yang tumbang dipotong dan disingkirkan.

Sementara itu, Aidil seorang pemilik pondok, memohon perhatian pemerintah dan pengelola agar membantu biaya perbaikan pondok-pondok yang miring dan rubuh.

“Apalah daya kami, penghasilan kami jualan di sini hanya pas-pasan. Apalagi sejak pandemi Covid-19 kawasan PCI ini sudah ditutup. Karena itu, kami mohon perhatian,” ucap Aidil.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK