Dompet Dhuafa Gelar Konser #CukupDari Rumah Bersama Sejumlah Musisi

Jakarta – Upaya menekan penyebaran virus corona (Covid-19), membuat sejumlah kegiatan masyarakat dibatasi. Menghadapi keterbatasan yang terjadi, berbagai kegiatan dan program Dompet Dhuafa digulirkan sesuai protokol keselamatan gugus tugas Covid-19 salah satunya menggelar konser #CukupDariRumah bersama Dwiki Dharmawan dan AMI Awards langsung dari Kompas TV dan Youtube Dompet Dhuafa, Jumat (22/05/2020).

Sederet nama musisi turut menjadi bagian dari konser musik #CukupDariRumah. Antara lain Dwiki Dharmawan, Ita Purnamasari, Reza Artamevia, Nola B3 & Naura, Annisa Rahman, Mario Ginanjar, Naga hingga Band Radja serta dipandu oleh Shafira UMM dan Riko Anggara. Kolaborasi ini akan menyajikan indahnya lagu Ramadan dan penggalangan donasi untuk kemanusiaan yang akan disalurkan untuk kemanfaatan yang lebih luas sebagai kepedulian bagi masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

Dampak pandemi Covid-19 telah menyentuh semua lapisan masyarakat tidak terkecuali masyarakat pers yang masih bekerja di perusahaan media, maupun yang sudah purnakarya. Hal ini membuat pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk menyalurkan bantuan bahan pangan kepada masyarakat pers di lingkungan PWI.


Para wartawan yang masih aktif, yang sudah pensiun, ataupun keluarganya yang selama ini mendukungnya, telah turut andil dalam pembangunan demokrasi untuk bangsa melalui pemberitaan-pemberitaan media massa. Ini tidak bisa dipungkiri kerena pers adalah salah satu pilar demokrasi. Jumlah wartawan aktif yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia, dan tersebar di seluruh Indonesia berjumlah 16.000 orang. Sebagian mereka terdampak pandemi Covid-19.

“Terima kasih atas semua bantuan serta acara ini, kalian hebat, semua bergabung dengan Dompet Dhuafa untuk membantu sesama manusia, sesama makhluk karena corona. Untuk semua masyarakat yang terdampak, kita harus gotong royong dalam membantu. Saya pikir Dompet Dhuafa dengan gerakan nasional ayo menanam, dapat memberikan semangat dan kepedulian kita di masa pandemi corona,” ujar Parni Hadi selaku Inisiator dan Ketua Pembina Yayasan Dompet Dhuafa.

Parni mengatakan, menghadapi era digitalisasi dalam masa pandemi Covid-19 yang penuh keterbatasan, tentu membuat Dompet Dhuafa menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan platform dan perbankan dalam memudahkan masyarakat untuk berzakat saat melangsungkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). meski #CukupDariRumah masyarakat bisa melengkapi kebaikan bersama Dompet Dhuafa dengan ikut berdonasi dengan cara scan QR code yang ada pada layar atau melalui rekening yang tertera di deskripsi YouTube.

Dompet Dhuafa berupaya menyediakan layanan zakat secara daring guna mendukung upaya pemutusan mata rantai penularan virus SARS-COV-2, penyebab penyakit Covid-19. Mengalami perubahan skema program Ramadan ini terjadi dalam menghadapi Covid-19 semua agenda di luar atau offline akan dialihkan menjadi online dan berbasis digital. Melalui layanan mobile payment berbasis QR code lapisan masyarakat dapat melakukan donasi cashless, donasi tanpa uang tunai. Selain donasi online berbasis QR code, Dompet Dhuafa juga menyediakan layanan rekening ponsel yang melibatkan jaringan di 34 provinsi dan 200 zona layanan di nusantara serta jaringan global DD di 30 negara.

Hingga Selasa (19/05/2020) kata Parni, Dompet Dhuafa telah melakukan edukasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menyasar sejumlah fasilitas publik, mendistribusikan paket hygiene kit, mendistribusikan logistik, sembako, suplemen, hingga program kebun pangan keluarga di tujuh provinsi.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK