Ini Padanan Kata “New Normal” dari Badan Bahasa Kemendikbud

Ilustrasi @Suara Jogja

Dalam waktu dekat, pemerintah bakal menerapkan tahapan atau fase new normal. Hal ini tentu sebagai langkah untuk memulihkan perekonomian di Indonesia.

Ini tentu sebagai upaya dalam menghadapi pandemi coronavirus disease 2019 atau Covid-19. Lantas apa itu new normal?

Merangkum akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Selasa (26/5/2020), berikut ini dijelaskan padanan kata new normal.

Kenormalan baru menurut Badan Bahasa Kemendikbud yaitu keadaan normal yang baru (belum pernah ada sebelumnya).

Perlu diketahui, pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat beradaptasi dengan kenormalan baru. Langkah awal ialah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

  • seperti menggunakan masker ketika keluar rumah
  • selalu mencuci tangan
  • menjaga jarak fisik ketika berada di tempat yang ramai
  • rajin berolahraga

Saat mencuci tangan, seseorang harus melakukan dengan benar yakni menggunakan sabun dan di air mengalir. Ini agar virus yang menempel di tangan benar-benar mati.

Sedangkan menggunakan masker tentu menjadi hal yang baru bagi semua orang. Sebab, dulu memakai masker jika sedang sakit batuk atau flu.

Tetapi dari berbagai penelitian, menggunakan masker bisa sangat efektif untuk menekan penyebaran virus corona.

Sedangkan dari postingan akun Instagram Badan Bahasa Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbud, kenormalan baru merupakan padanan dari istilah bahasa Inggris new normal.

Padanan ini untuk menjelaskan padanan kata-kata asing, kata-kata Indonesia yang sedang populer digunakan, dan kata-kata yang digunakan oleh orang atau lembaga tertentu, tetapi maknanya belum dikenal luas.[] Sumber : Kompas

Editor : Ihan Nurdin