Polisi Tangkap Penipu dengan Modus sebagai Dukun

Pelaku dan barang bukti di Mapolsek Tanah Jambo Aye, Aceh Utara @ist

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Juf (38), seorang pemuda asal Gampong Blang Brandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat ditangkap pihak kepolisian terkait kasus penipuan dan pencurian harta benda. Pelaku ditangkap di Gampong Blang Dalam, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Senin (25/5/2020).

Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto, melalui Kapolsek Tanah Jambo Aye AKP Zulfitri mengatakan, pelaku ditangkap berdasarkan laporan terkait kasus penipuan disertai penggelapan atau pencurian milik Muklisuddin (49), seorang guru dan warga Gampong Alue Papeun, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

“Modusnya, pelaku ini berpura-pura seperti dukun yang mampu mengusir jin. Pelaku berawal datang ke rumah korban melakukan beberapa ritual dengan alasan untuk mengusir jin termasuk di dalam kamar korban, di mana tidak seorang pun boleh masuk ke kamar selama ritual belum selesai,” katanya.

Setelah itu, pelaku meminta korban mengantarkannya ke Aceh Timur untuk mengambil obat. Di dalam perjalanan, pelaku meminjam sepeda motor korban, sedangkan korban salat Magrib.

“Lalu, pelaku membawa kabur sepeda motornya. Lalu korban pulang ke rumah dan melihat isi kamar, ternyata seluruh isi kamar sudah hilang diambil pelaku. Setelah itu, korban sadar telah ditipu, maka dia buat laporan ke Polsek 22 Mei 2020 lalu,” sebutnya.

Setelah menerima laporan korban, polisi menyelidiki keberadaan pelaku dan ditemukan di salah satu rumah di Kabupaten Bireuen. Bersama pelaku disita tiga handphone, satu sepeda motor, dua kartu anjungan tunai mandiri (ATM) dan surat kendaraan bermotor.

“Sekarang sudah kita tahan. Terus kita dalami keterangan pelaku, hingga kini korbannya baru satu orang. Namun, kita dalami terus keterangannya untuk memastikan apakah ada korban lainnya,” pungkas Kapolsek.[]

Editor : Ihan Nurdin