Seorang Warga Babahrot Abdya Jadi Tersangka Illegal Logging

Barang bukti kayu olahan yang diamankan di Mapolres Abdya.

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Tim Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menangkap seorang terduga pelaku illegal logging dan mengamankan barang bukti ratusan keping kayu olahan jenis semantok dan meranti.

Pelaku berinisial JHD (51) warga Gampong Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Abdya tersebut ditangkap pada Kamis (28/5/2020) dan sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ilegal logging tersebut. JHD merupakan pemilik kayu olahan ilegal itu.

“Barang bukti ratusan keping kayu olahan ilegal milik tersangka telah kita amankan di halaman Mapolres Abdya lebih kurang 17 m3 (sekitar 17 kubikasi) dengan jenis kayu meranti dan simantok,” ungkap Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution melalui Kabag Ops, Hariyono, Senin (1/6/2020).

Ia menerangkan, pada Kamis (28/5/2020) sekira pukul 02.00 WIB, tim Resmob Sat Reskrim Polres Abdya yang dipimpin oleh AKP Erjan Dasmi mendapat informasi dari masyarakat bahwa di rumah tersangka banyak tumpukan kayu olahan ilegal. Kayu-kayu itu diduga hasil perambahan hutan.

Berdasarkan informasi tersebut, tim Satreskrim langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP). Tersangka tertangkap tangan memiliki, menguasai, dan menyimpan kayu yang diduga kuat hasil dari perambahan hutan.

“Pelaku dijerat dengan Undang-Undang Perusakan Hutan, dengan ancaman pidana paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun penjara serta pidana denda paling sedikit Rp500 juta, paling banyak Rp2,5 miliar,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin