Fraksi Demokrat Setujui Raqan Inisiatif Dewan 2020 untuk Dibahas Menjadi Qanun

Ketua Fraksi Demokrat DPRK Banda Aceh, Royes Ruslan, menyerahkan laporan fraksi terhadap Rancangan Qanun Iniasiatif Dewan Tahun 2020

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh menyetujui lima Rancangan Qanun (Raqan) Inisiatif Dewan Tahun 2020 untuk dibahas menjadi qanun.

Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi Partai Demokrat, Royes Ruslan, dalam rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum anggota dewan dan fraksi-fraksi dewan terhadap lima Raqan Inisiatif Dewan Tahun 2020 di Gedung DPRK Banda Aceh, Rabu (3/6/2020).

Rapat ini dipimpin Wakil Ketua II DPRK, Isnaini Husda, serta dihadiri Ketua DPRK Farid Nyak Umar dan Wakil Ketua I Usman, serta anggota DPRK Banda Aceh.

Royes menjelaskan,  keputusan ini diambil setelah mendengarkan penyampaian pemaparan dan penjelasan dari masing-masing komisi dan badan legislasi selaku inisiator atau pengusul awal raqan tersebut.
Selain itu juga sebagai wujud tanggung jawab konstitusional DPR, dalam meningkatkan partisipasi dan kiprah dewan untuk melahirkan dan menghadirkan produk-produk hukum daerah yang memberikan manfaat, kepastian, dan keadilan bagi masyarakat.

“Maka dalam hal ini Fraksi Demokrat DPRK Banda Aceh menyatakan dapat menerima dan menyetujui agar kelima rancangan qanun inisiatif dewan tersebut untuk selanjutnya dibahas sesuai dengan mekanisme pembahasan raqan,” kata Royes Ruslan saat menyampaikan pandangan fraksinya, Rabu (03/05/2020).

Untuk selanjutnya tambah Royes, pada waktunya nanti dapat disepakati atau disetujui bersama antara pihak eksekutif dengan Legislatif untuk disahkan serta ditetapkan menjadi Qanun Kota Banda Aceh Tahun 2020.

Royes menjelaskan, Raqan tersebut meliputi Raqan Pemilihan Keuchik Serentak Melalui E-Voting, Raqan Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataam Kota Banda Aceh, Raqan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Tempat Khusus Parkir, Raqan Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga, dan Raqan Pelestarian Situs dan Sejarah serta Cagar Budaya.

Selain itu Fraksi Demokrat juga menyetujui Raqan Usulan Wali Kota Banda Aceh tentang Pembangunan Gedung dan Raqan Kota Layak Anak.[]

Editor : Ihan Nurdin