Puluhan Karya Siswa Ramaikan Lomba Menulis Bertema Covid-19 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pidie

ACEHTREND.COM, Sigli – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pidie sukses menyelenggarakan lomba menulis artikel yang bertema Bersama Mencegah Covid-19. Hari ini merupakan puncak kegiatan yang ditandai dengan penganugerahan dan penyerahan hadiah bagi para pemenang yang dipusatkan di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Pidie, Jumat (5/6/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten III Sekda Pidie, perwakilan Kemenag Pidie, dan perwakilan Disdik Pidie, serta para kepala sekolah yang siswanya menjadi partisipan dan pemenang dalam lomba tersebut.

Lomba bertema Covid-19 ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi tingkat SMP/MTsN dan SMA/MAN yang ada di wilayah Kabupaten Pidie.

Kadis Arsip dan Perpustakaan Pidie, Muhammad Fadhli, dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakan lomba menulis Covid-19 ini ialah untuk menumbuhkembangkan minat dan keahlian literasi kepada generasi Pidie.

Ia menambahkan, antusiasme siswa yang ikut lomba juga tergolong ramai, mengingat suasana yang dalam wabah covid.

“Sebanyak 37 tulisan diterima oleh panitia penyelenggara lomba, yang terdiri atas siswa SMA yakni 36 tulisan dari siswa MTs satu tulisan. Mayoritasnya siswa yang menulis didominasi oleh siswa Sukma Bangsa Pidie,” kata Fadhli.

Ia juga menyampaikan terima kasihnya pada Komunitas Panteu KALAM, yang membantu menyelenggarakan lomba menulis mulai dari menyusun kegiatan hingga terlibat dalam penilaian.

Riazul Ikbal selaku Ketua Komunitas Panteu KALAM mengatakan, wadah tersebut merupakan kumpulan orang yang terdiri atas para penulis muda, pegiat sejarah, dan pemuda-pemuda kreatif lainnya di Pidie.

“Dalam wadah ini juga ada Ketua Beulangong Tanoh, yang aktif dalam mengkaji tentang sejarah atau hal-hal yang berhubungan dengan dunia arkeologi di Pidie,” kata Rio, sapaan akrabnya, yang ikut memberi sambutan pada acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Muhammad Syawal Djamil, menyampaikan rasa terharu dan bangga terhadap kinerja semua anggota Panteu KALAM yang sudah sukses mewujudkan ide untuk menumbuhkan giat literasi di Pidie. “Semoga saja, aksi-aksi dan kegiatan untuk menumbuhkembangkan literasi di Pidie dapat berlanjut pada tahun depan,” pungkas Syawal.[]

Editor : Ihan Nurdin