Ombudsman: Hanya 12 Ekor Sapi Gemuk di UPTD IBI Saree

Taqwadin, saat melihat sapi jenis limousin yang kurus di UPTD IBI Saree, Aceh Besar, Jumat (5/6/2020).

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Kepala Ombudsman Aceh Dr. Taqwadin Husen, Minggu (7/6/2020) mengatakan hasil investigasi pihaknya ke UPTD IBI Saree, Aceh Besar, Jumat (5/6/2020) hanya 12 ekor sapi gemuk dari total sapi yang dikandangkan oleh Dinas Peternakan Aceh di sana.

Menurut Taqwadin, 12 ekor sapi yang gemuk di sana semuanya pejantan yang dipergunakan sebagai sumber bibit yang kemudian dijadikan bahan inseminasi buatan.

“Secara kasat mata banyak yang kurus daripada sapi gemuk. Kecuali 12 ekor pejantan gemuk khusus untuk inseminasi, yang diambil spermanya,” ujar Taqwadin.

Sebelumnya,Kepala Dinas Peternakan Aceh drh. Rahmandi,M.Si., Jumat (5/6/2020) mengatakan hanya 10 persen sapi-sapi di Saree yang kurus kering, dari total 400 ekor. Kurusnya binatang berkaki empat itu bersebab adaptasi karena penyesuaian pakan menuju hijauan murni sampai 90%.

Dia juga mengaku bahwa tahun 2020, pihaknya belum memberikan konsentrat karena tidak tersedia karena belum selesainya revisi anggaran setelah bersebab salah hitung di awal. []