Komisi III DPRK Tinjau Proyek Pembangunan E-Parkir di Jalan Ali Hasjmy

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh (DPRK) meninjau proyek pembangunan parkir elektronik (e-parkir) di Jalan Ali Hasjmy, Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, Senin (08/06/2020).

Hadir dalam kunjungan itu, Ketua Komisi III Teuku Arief Khalifah, Wakil Ketua Ismawardi, Seketaris Irwansyah, dan anggota Komisi, Royes Ruslan, Sabri Badruddin, dan Bunyamin. Dalam peninjauan itu turut didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh Muzakir Tulod dan sejumlah penjabat terkait lainnya.

Sekretaris Komisi III Irwansyah, menyampaikan peninjauan itu untuk melihat perkembangan pengerjaan proyek yang sedang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh, yakni pembangunan dan penataan kawasan parkir di Banda Aceh.

Menurut Irwansyah, proyek tersebut merupakan salah satu konsentrasi dan perhatian Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai solusi atas persoalan kepadatan penduduk yang semakin meningkat dan jumlah kendaraan yang semakin banyak, sementara luas wilayahnya tidak bisa bertambah sehingga kemacetan menjadi salah satu PR pemerintah yang harus diselesaikan.

“Maka ini menjadi salah satu solusi dari kemacetan, yaitu penataan parkir, yang selama ini memang masih butuh perhatian kita yang semakin serius. Namun, ini sedang dilakukan pembenahan secara terus menerus,” kata Irwansyah di sela-sela peninjauan.

Irwansyah menambahkan, terobosan ini juga salah satu langkah yang didorong DPRK yaitu membuat kawasan parkir yang tertib. “Saya selalu menyampaikan kepada Wali Kota, kalau bisa Banda Aceh punya contoh parkir yang menjadi tempat studi bagi daerah lain yaitu kawasan tertib parkir,” ujarnya.

Irwansyah menjelaskan, lokasi parkir di Jalan Panglima Nyak Makam dan Jalan Ali Hasjmy tersebut, selain menjadi contoh untuk sistem parkir portal atau online , juga bisa menambah pendapatan untuk daerah, dan pendapatan ini juga digunakan untuk membangun infrastruktur daerah, perkotaan, drainase jalan, dan sebagainya.

“Maka kami terus mendorong agar ini dilakukan dengan baik dan ditambah eskalasinya, tahun depan kembali dianggarkan sampai ini menjadi program yang bermanfaat,” tuturnya.[]

Editor : Ihan Nurdin