Jenis Buah yang Bisa Dikonsumsi saat Asam Lambung Kambuh

Ketika asam lambung di dalam tubuh meningkat, tidak sembarang makanan bisa masuk karena tubuh menolaknya. Beberapa makanan tertentu bila dikonsumsi justru memperparah kondisi lambung, tidak terkecuali buah-buahan.

Walaupun buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi secara rutin, tapi tidak di saat asam lambung meningkat. Buah-buahan yang asam justru dapat memperburuk kondisi tersebut. 
Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa terbakar di dada (heartburn). Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya otot bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter (LES) yang berfungsi sebagai pintu otomatis yang membuka dan menutup saluran kerongkongan.

Bila sesorang mengalami GERD, maka ia tidak boleh makan sembarangan makanan. Sebab beberapa makanan tertentu dapat memicu munculnya asam lambung dan memperburuk kondisinya. Salah satunya buah-buahan yang mengandung rasa asam seperti jeruk, lemon, dan perasaan air dari buah tersebut.
Akan tetapi, bukan berarti pengidap GERD tidak bisa mengonsumsi buah-buahan sama sekali. Beberapa buahan harus tetap dikonsumsi guna memberikan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Berikut rangkuman aceHTrend mengenai jenis buah-buahan yang aman dikonsumsi saat asam lambung meningkatkan. 

Pisang

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam pisang, yaitu kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Serat dalam pisang dapat memperbaiki pencernaan dan mengurangi asam lambung.
Selain itu, pisang juga memiliki kadar asam yang rendah sehingga aman dikonsumsi saat asam lambung kambuh. Jadi, tidak perlu khawatir bila ingin memakan pisang.

Pepaya

Pepaya mengandung vitamin K, beta-karoten, kalsium, dan kaya vitamin A. Buah yang mempunyai rasa manis ini juga memiliki kandungan enzim yang disebut papain berguna untuk membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi heartburn ketika penyakit asam lambung kambuh.
Selain itu, buah ini juga dapat memberi manfaat melawan penyakit jantung, diabetes, kanker masalah tulang, dan asma.

Semangka

Buah ini mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Semangka juga memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat membantu melancarkan pencernaan serta menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal yang paling penting ialah buah ini dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi refluks.

Apel

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah apel, yaitu vitamin A, C, D, B16, dan B12, kalsium, zat besi, dan magnesium. Oleh karena itu, buah ini dapat menjaga pencernaan tetap sehat dan melancarkan buang air besar. Apel bahkan dapat mengurangi asam lambung dan menenangkan perut saat asam lambung kambuh.

Persik

Buah kecil yang satu ini memiliki banyak nutrisi baik, seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12, dan C. Buah persik juga dikenal dapat membantu mengatasi diabetes, masalah kulit, dan kanker kolorektal. Kandungan asam dalam buah persik yang rendah menjadikan buah ini aman dikonsumsi oleh pengidap asam lambung.

Melon

Melon mempunyai keseimbangan pH 6,1 yang artinya buah tersebut bersifat agak asam. Namun, mengkonsumsi melon saat asam lambung kambuh tidaklah bermasalah, sebab buah ini juga efektif untuk membantu mencegah terjadinya GERD.

Nah, itulah buah-buahan yang dapat kamu konsumsi meski penyakit asam lambung sedang kambuh.[]

Editor : Ihan Nurdin