Masjid Oman Lamprit Peringkat 2 Masjid Teladan Nasional

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Masjid Oman Almakmur Lamprit Banda Aceh meraih juara dua dalam Penghargaan Masjid Teladan tahun 2020 kategori Masjid di Tempat Publik yang diselenggarakan oleh BNI Syariah pusat di Jakarta. Program ini salah satu rangkaian milad satu dekade BNI Syariah.

BNI Syariah mengikutsertakan 197 masjid pilihan se-Indonesia, kemudian diverifikasi oleh panitia pelaksana. Selanjutnya tujuh masjid dengan skor tertinggi diwajibkan untuk mengirimkan data yang dijadikan subjek penilaian.

Alhasil, Masjid Oman masuk dalam tiga besar yang kemudian terpilih menjadi masjid teladan ke-2 tingkat nasional.

“Syukur kepada Allah Swt yang telah diberikan cita-cita kepada kita, masjid telah menjadi sarana terbaik untuk dakwah dan persatuan,” kata Ketua BKM Masjid Oman, Ustaz Jamil Ibrahim, Jumat (19/6/2020).

Ia juga berterima kasih kepada semua petugas dan jamaah yang telah ikut memakmurkan masjid tersebut sehingga mengantarkan masjid ini terpilih sebagai masjid publik nomor dua terbaik di Indonesia versi BNI Syariah.

“Ini keberhasilan bersama dan bukan kehendak BKM saja, namun keberhasilan itu pencapaian kolektif,” katanya.

Keuchik Gampong Lamprit (Bandar Baru), Mahyuni, turut mengucapkan terima kasih kepada BNI Syariah atas kepercayaannya terhadap Masjid Oman yang dipilih sebagai penerima penghargaan masjid publik terbaik dua nasional.

“Ini merupakan apresiasi yang luar biasa dan capaian itu kita peroleh berkat dukungan semua pihak terutama masyarakat Gampong Lamprit yang telah ikut berpartisipasi untuk memakmurkan masjid dan mengikuti program-program masjid,” ujarnya.

Proses seleksi mulai berlangsung sejak April 2020 dan diumumkan pada 19 Juni 2020. Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam Penghargaan Masjid Teladan 2020 ini, yaitu Kategori Masjid Raya/Agung yang dimenangkan oleh Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram, Masjid Paripurna Agung Ar-Rahman Pekanbaru, dan Masjid Baitul Mu’minin Bakdi Bali, berturut-turut sebagai juara I, II, dan III.

Selanjutnya Kategori Masjid Besar dan Masjid Jami, yang dimenangkan oleh Masjid Nurul Ashri Deresan Yogyakarta, Masjid Ar-Riyadh Balikpapan, dan Masjid Alhidayah Palembang, berturut-turut sebagai juara I, II, dan III.

Terakhir, Kategori Masjid di Tempat Publik, yakni Masjid AN-Nur Puspogiwan Semarang, Masjid Oman Almakmur Banda Aceh, dan Masjid Shalahuddin Sidoarjo, berturut-turut juara I, II, dan III.

Kegiatan ini diselenggarankan di Bulan April, hingga beberapa bulan kemudian baru di Bulan Juni diumumkan pemenangnya.

Masjid Oman Almakmur menjadi masjid dengan ikon khas bergaya Timur Tengah. Masjid ini dibangun pada tahun 1979 dan mendapat renovasi total pada tahun 2006 setelah rusak parah karena tsunami pada 26 Desember 2004. Tahun 2008 masjid ini rampung dibangun dengan corak khas Timur Tengah yang memukau.[]

Editor : Ihan Nurdin