[Breaking News]: Empat Tenaga Medis RSUDZA Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sebanyak empat tenaga medis di Ruang Rawat Covid-19 Respiratory Intensive Care Unit (RICU) Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh dilaporkan terinfeksi virus Coronavirus Disease (Covid-19).

Hal ini dibenarkan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Azharuddin saat dikonfirmasi aceHTrend, Minggu (21/6/2020).

“Tenaga medis dinyatakan positif korona itu berprofesi sebagai perawat yang bertugas di RICU RSUZA,” kata Azharuddin singkat melalui pesan WhatsApp.

Azhar mengatakan, mereka terpapar virus itu dari pasien positif korona asal Sumatera Utara yang meninggal beberapa hari lalu.

Empat perawat positif korona itu dua perawat pria berinisial M (32) dan H (40), serta dua perawat wanita DE (29) dan HY (36).

Seperti diberitakan sebelumnya, satu pasien Covid-19 kembani meninggal dunia saat dalam penanganan Tim Medis RICU Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh pada Rabu (17/06/2020) sekira pukul 11.00 WIB. Pasien yang meninggal dunia tersebut berinisial Suk (63), merupakan warga Brandan Barat, Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan informasi dari tim surveilans Gugus Tugas Covid-19, Suk berkunjung ke rumah anaknya di kawasan Lambaro, Aceh Besar. Ia tiba pada 12 Juni 2020.

Pada 16 Juni 2020 ia mengeluh sakit dan pihak keluarga membawanya ke Rumah Sakit Pertamedika. Tim Medis Pertamedika memutuskan merujuk Suk ke RSUDZA pada hari itu juga. Setiba di RSUDZA, tim medis menemukan gejala pneumonia dan penyakit penyerta lainnya, karena itu diambil swab tenggorokan dan hidung pada 16 Juni 2020, dan hasil pemeriksaan dengan RT-PCR terkonfirmasi Suk positif Covid-19.[]

Editor : Ihan Nurdin