Sampai Kapan Lelang WK Migas Ditunda?

Ilustrasi @kompas

Gara-gara pandemi corona (Covid-19) Lelang Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi (WK Migas) terpaksa ditunda. Lalu sampai kapan penundaan ini akan dilakukan?

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus merangkap Plt Dirjen Migas Ego Syahrial mengatakan jika penundaan ini akan berlanjut menunggu sampai waktu kondusif.

“Ditunda lah, sampai waktunya kondusif,” ucapnya singkat saat ditemui di Komisi VII DPR RI, Selasa, (23/06/2020).

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan beberapa persiapan sebelum pengumuman Penawaran WK akan dijadwalkan ulang.

Mengingat hampir semua stakeholder melakukan aktifitas Work From Home (WFH) dan social distancing. Menurut Agung, saat ini proses persiapan Penawaran WK Migas Konvensional Tahap I Tahun 2020 terus dilakukan.”Pemerintah juga tengah mematangkan kebijakan yang terbaik sebagai upaya meningkatkan minat BU/BUT dalam Penawaran WK Migas tersebut,” ungkapnya, Rabu, (08/04/2020).

Terkait penawaran WK Migas ini, pemerintah tengah menyiapkan Terms & Conditions yang menarik, antara lain terkait firm commitment, besaran signature bonus, juga skema kontrak.

Selain itu, pemerintah juga tengah mengkaji stimulus untuk mendorong dan meningkatkan investasi hulu migas terutama pada kondisi wabah pandemi Covid-19 ini.”Adapun untuk pelaksanaan lelangnya, akan dijadwalkan ulang, mengingat kebijakan penerapan social distancing dan masih banyak stakeholder yang WFH,” imbuhnya.[] Sumber : CNBC

Editor : Ihan Nurdin