Waspadai Kebiasaan yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Ilustrasi kulit wajah tak sehat.

Bagian terluar tubuh yang satu ini sangat rentan mengalami kerusakan akibat polusi atau gangguan lainnya. Walau kulit bagian tubuh yang luput dari perhatian, tapi siapa sih yang tidak menginginkan kulit bersih dan sehat?

Tidak perduli apapun warnanya, semua orang tentu menginginkan kulit cerah, tampak segar, dan merona setiap hari. Meskipun begitu, tidak semua orang memiliki hormon kulit yang baik. Beberapa di antaranya rentan terserang jerawat, kulit berminyak, komedo, flek hitam, atau masalah lainnya yang cukup berat seperti kanker kulit.

Nah, ternyata ada beberapa kebiasan yang tanpa disadari dapat merusak kulit. Berikut kebiasaan yang dapat merusak kulit yang dirangkum aceHTrend.

Terlalu Sering Membersihkan Muka dengan Produk Pembersih Wajah

Sebagian orang beranggapan bahwa sering membersihkan muka merupakan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi dengan menggunakan produk pembersih muka dengan jenis yang beragam.

Saat muka terlalu sering dibersihkan, maka produksi minyak alami pada wajah terhambat sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan kering. Jadi, anjuran yang terbaik untuk membersihkan muka ini sebanyak dua kali dalam sehari agar wajah bersih dan terawat dengan baik.

Memencet Jerawat

Benda yang satu ini memang sangat menganggu bila tumbuh di wajah. Apalagi bila jerawat ini mulai menunjukkan bentolan kecil mengandung nanah, memerah, dan berwarna keunguan. Kadang muncul juga rasa sakit sehingga banyak yang tak sabar ingin memencet atau meletuskan jerawat tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa jangan asal memencet jerawat karena dapat merusak kulit. Memencet jerawat yang sudah matang dapat memicu terjadinya infeksi pada kulit wajah. Solusi terbaik dalam menghadapi jerawat ini ialah mengoleskan krim anti jerawat dan membiarkannya mengempis sendiri.

Menggunakan Beragam Produk Perawatan Kulit

Bila Anda berpikir menggunakan beragam produk perawatan kulit dapat membuat kulit sehat, itu salah besar. Justru hal tersebut dapat merusak kulit Anda karena kandungan zat yang terdapat dalam produk tersebut.

Selain itu, bila produk tersebut tidak cocok dengan kulit Anda, maka akan berakibat pada iritasi dan alergi pada kulit. Tidak jarang ada yang kulit wajahnya hancur karena gonta-ganti produk perawatan wajah. Sebaiknya gunakan produk yang cocok dan benar-benar sesuai kebutuhan.

Tidak Membersihkan Make up Ketika Tidur

Kebiasaan ini tidak hanya dapat merusak kulit wajahmu, tapi juga dapat menganggu kualitas tidur. Sebab, sering kali orang yang tidur dalam keadaan bermake up terbangun dari tidur karena perasaan tidak nyaman di wajah.

Tanpa disadari dalam make up yang kamu pakai menempel debu dan kotoran saat kamu beraktivitas di luar. Hal ini tentunya menjadi tempat subur tumbuhnya jerawat karena pori-pori kulit tertutup oleh tempelan tersebut. Oleh karena itu, wajib bagi kamu yang suka bermake up membersihkan wajah sebelum tidur, meskipun saat kantuk datang melanda.

Tidak Mengenakan Tabir Surya

Saat keluar rumah, usahakan selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Sebab, matahari mengandung UV A dan UV B yang membuat kulit mudah berkerut dan menimbulkan flek hitam.

Jadi, bila kamu tidak ingin kulit mengalami penuaan dini, jangan lupa pakai tabir surya setiap beraktivitas di luar rumah.

Kurang Tidur

Kurang tidur atau sering bergadang tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga dapat merusak kulit. Kebiasaan ini bila diteruskan, dapat mempercepat terjadinya penuaan dini pada kulit, seperti munculnya garis halus di area mata.

Namun, bila kamu kesulitan untuk tidur, jangan menonton televisi atau bermain gawai supaya mata mengantuk. Hal ini justru memperburuk kondisi kulit sekitar mata. Sebaiknya konsumsi minuman hangat seperti teh hijau atau cokelat panas untuk membuatmu mengantuk.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah. Nah, masihkah kamu teruskan kebiasaan buruk itu?[]

Editor : Ihan Nurdin