Lima Gaya Hidup Sehat untuk Tubuh Ideal

Ilustrasi

Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh ideal, tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk. Oleh karenanya banyak ramuan herbal atau obat di pasaran yang dikhususkan untuk membuat tubuh menjadi ideal.

Namun, cara terbaik untuk mendapatkan tubuh ideal adalah menerapkan gaya hidup sehat. Cara ini tidak menimbulkan efek samping sebagaimana ramuan atau obat, justru menerapkan gaya hidup sehat bisa menanamkan kebiasaan baik yang akan bermanfaat hingga hari tua kelak.

Lantas, apa saja gaya hidup sehat yang dapat membuat tubuh menjadi ideal? Berikut cara membuat tubuh ideal yang dirangkum aceHTrend.

Menyesuaikan Kebutuhan Kalori 

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda yang dinilai dari usia, jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas fisik yang dilakukan. Jadi, pastikan kamu mendapatkan asupan kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bila menurutmu badanmu terlalu gemuk, maka kurangi asupan kalori tubuh dan perbanyak mengonsumsi makanan mengandung serat.

Di Indonesia, terdapat tabel panduan angka kecukupan gizi. Tabel tersebut memuat anjuran berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh masing-masing kelompok umur sesuai dengan jenis kelamin dan berat badan. 

Sebagai contoh, laki-laki berusia 19-29 tahun dengan berat badan 60 kg dan tinggi 168 cm membutuhkan energi 2.725 kkalori per hari. Berbeda dengan perempuan dengan kelompok usia tersebut yang memiliki berat badan 54 kg dan tinggi 168 cm membutuhkan energi 2.250 kkalori per hari. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di tabel panduan angka kecukupan gizi.

Selain itu, untuk mengetahui kebutuhan kalori setiap harinya bisa menggunakan rumus yang diterapkan WHO. Untuk mencari kebutuhan energi wanita berusia 18-29 tahun, digunakan rumus 14,7 x (berat badan dalam kilogram) +496. Sementara untuk mencari kebutuhan energi pria usia 18-29 tahun, digunakan rumus 15,3 x (berat badan dalam kilogram) +679. Hasilnya dikalikan dengan faktor aktivitas fisik

Membatasi Makanan pada Malam Hari

Usahakan makan malam paling tidak 3-4 jam sebelum tidur guna mencegah reflux atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Tetapkan waktu terakhir makan malam, sehingga kamu tidak membiarkan terus makan cemilan hingga larut malam.

Sebagai gantinya, coba nikmati semangkuk yogurt atau satu buah pisang jika menginginkan sesuatu yang manis setelah makan malam.

Memperbanyak Aktivitas Berjalan Kaki

Sepanjang hari, lakukan apa pun yang biasa dilakukan untuk menjadi lebih aktif, seperti berjalan sambil berbicara di telepon, mengajak hewan peliharaan untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks atau taman, dan semacamnya. Dengan memperbanyak aktivitas jalan kaki dapat membantu membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh.

Tidur yang Cukup

Berdasarkan penelitian Annals of Internal Medicine bahwa tidur selama 8,5 jam per hari dapat menurunkan lingkar pinggang dan membuat tubuh menjadi ideal. Namun, hal ini tidak bisa didapatkan secara instan, dibutuhkan pembiasaan paling tidak selama dua minggu untuk melihat hasilnya.

Menurut penelitian tersebut, lingkar pinggang secara signifikan berkurang angkanya jika kamu membiasakan tidur cukup setiap harinya. Jadi, saat masuk kamar untuk istirahat, pastikan kamu sudah mematikan semua gadget sehingga kamu fokus untuk beristirahat.

Olahraga Angkat Beban

Melakukan olahraga angkat beban akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat. Selain itu, kamu juga mendapatkan sedikit otot dan kehilangan banyak lemak tubuh yang membuat badanmu menjadi lebih ideal.

Cobalah pergi ke gym setidaknya tiga kali seminggu untuk berolahraga angkat beban, dan minta saran kepada personel trainer untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain angkat beban, kamu bisa melakukan latihan kardio lainnya seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang juga bisa dilakukan.  

Begitulah cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi ideal. Jangan buru-buru untuk terus mengonsumsi jamu, obat herbal, atau obat-obatan lainnya. Coba dulu terapkan gaya hidup sehat berikut ini supaya tubuh ideal yang kamu inginkan dapat terwujud. Selamat mencoba.[]

Editor : Ihan Nurdin