Inilah Manfaat Kopi, Mulai untuk Menghilangkan Selulit hingga Bikin Awet Muda

Ilustrasi

Bagi pencinta kopi, menyeruput secangkir kopi adalah sebuah kenikmatan. Selain rasanya yang lezat, meminum kopi dipercaya bisa mengurangi stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.
Berbagai jenis kopi mulai dari espresso, latte, cold brew, americano, white coffee, frappuccino, affogato, cappuccino, macchiato, kopi tubruk, dan kopi luwak bisa dinikmati tergantung selera masing-masing. Rupanya beberapa kopi tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Beberapa studi menyebutkan bahwa mengonsumsi 3-4 cangkir kopi per hari berdampak positif pada tubuh. Di antaranya bisa mencegah kematian di usia muda dan menurunkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, demensia, stroke, parkinson, diabetes tipe-2, hingga kanker. Sedangkan berdasarkan penelitian dari Universitas Harvard, Amerika Serikat melaporkan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin bisa mencegah depresi.

Berikut beberapa manfaat lainnya dari kopi bagi kecantikan tubuh yang dirangkum aceHTrend.

Mengurangi Selulit 

Selulit adalah kondisi di mana kulit memiliki gumpalan-gumpalan yang biasanya muncul di perut, bokong, dan paha. Gumpalan tersebut disebabkan oleh penumpukan sel lemak pada jaringan ikat vertikal atau jaringan fibrosa yang ada di bawah epidermis.

Kopi bisa digunakan untuk mengurangi selulit pada kulit. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa mengurangi selulit dengan cara melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah di bawah kulit serta meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan bubuk kopi sebagai scrub. Caranya dengan mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun, lalu oleskan ke seluruh tubuh dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Rutinlah melakukan cara ini agar kulit tubuh menjadi halus dan mengurangi selulit.

Bikin Awet Muda

Sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin bisa membantu mengurangi bintik-bintik cokelat di wajah akibat paparan sinar UV matahari dan mengurangi kemerahan dan garis-garis halus di wajah.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara mengonsumsi kopi secara rutin. Maksimal empat gelas per hari, tapi jangan mengonsumsinya lebih dari itu ya! Sebab, sesuatu yang berlebihan akan mendatangkan mudarat.

Mencegah Kanker Kulit

Di dalam kopi, terdapat kandungan vitamin B3 (niasin). Kandungan tersebut yang membuat kopi bermanfaat untuk mencegah kanker kulit non-melanoma dan mencegah pertumbuhan kulit lainnya.

Mengobati Jerawat 

Selain kafein dan niasin, kopi mengandung asam klorogenik dan melanoidin. Kandungan tersebut membuat kopi bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit, termasuk mengobati jerawat. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan membuat masker kopi. Caranya campurkan kopi dan minyak zaitun, lalu oleskan pada wajah selama 10-25 menit. Setelah selesai, bilas wajah dengan air hingga bersih.

Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kandungan kafein dalam kopi dipercaya berfungsi melebarkan pembuluh darah di sekitar mata, sehingga berkontribusi dalam mengurangi lingkaran hitam di bawah mata (dark circle). Caranya dengan mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun dan sedikit air. Lalu oleskan campuran tersebut di bawah mata dengan cara ditepuk-tepuk (jangan digosok). Biarkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Mengatasi Kulit Menghitam Akibat Paparan Sinar UV Matahari

Kopi dipercaya bisa menenangkan kulit yang telah terpapar sinar UV matahari dalam waktu lama (kulit terbakar). Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengolah kopi dengan cara menyeduh secangkir kopi, lalu diamkan hingga dingin. Masukkan kain lembut atau handuk ke dalam kopi yang sudah diseduh, lalu peras kain atau handuk tersebut. Tempatkan kain atau handuk tersebut pada bagian kulit yang terpapar sinar UV matahari. Ulangi beberapa kali sehari hinga kulit kemerahan dan bengkak akibat paparan sinar UV matahari membaik.

Itulah beberapa manfaat kopi yang perlu diketahui bagi kecantikan tubuh. Lakukan secara rutin, setidaknya 2-3 kali per minggu untuk hasil yang maksimal.[]

Editor : Ihan Nurdin