Satu Warga Langsa Positif Covid-19, Riwayat Penularan Dalam Penelusuran

Ketua Gugus Tugas Covid Langsa yang juga sebagai Wali Kota, Usman Abdullah SE saat menggelar konferensi pers, Rabu (1/7/2020). @aceHTrend/Syafrizal

ACEHTREND.COM, Langsa – Seorang pedagang sayur di Kota Langsa berinisial N (56), warga Kecamatan Langsa Timur dinyatakan positif Covid-19 setelah keluar hasil tes swab dari Balitbangkes Aceh Rabu pagi (1/7/2020).

“Saat ini yang bersangkutan dirawat di RSUD Langsa,” sebut Direktur RSUD Langsa, dr Fardhyani didampingi Ketua Gugus Tugas Covid-19, Usman Abdullah, saat konferensi pers di Kantor Gugus Tugas Covid-19 Kota Langsa, Rabu (1/7/2020).

Ia menjelaskan, sesuai catatan pihak rumah sakit, yang bersangkutan masuk ke RSUD Langsa melalui IGD umum pada Sabtu (27/6/2020) dengan keluhan demam, batuk, dan sesak napas.

Bahkan sebelumnya juga pernah dirawat di Puskesmas Langsa Timur dengan keluhan yang sama. Berdasarkan informasi dari petugas medis di sana, yang bersangkutan sudah sakit demam di rumah selama seminggu.

“Setelah tiba di RSUD karena keluhan tersebut kita berinisiasi untuk melakukan rapid test dan hasilnya  reaktif. Mengingat hasilnya reaktif, maka pada Sabtu malam langsung kita uji swab ke Balitbangkes Aceh di Banda Aceh,” katanya.

Setelah hasil swabnya keluar dan ternyata yang bersangkutan positif korona, sebanyak 15 petugas kesehatan di Puskesmas Langsa Timur dan 16 petugas medis di RSUD Langsa yang pernah kontak dengan pasien turut melakukan isolasi mandiri.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Langsa yang juga Wali Kota, Usman Abdullah, meminta masyarakat untuk tidak panik. Dan yang penting dalam beraktivitas tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Saya minta kepada masyarakat kalau beraktivitas di luar rumah jangan lupa pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun,” pintanya.

Lanjutnya, kasus positif Covid-19 di Langsa ini harus dituntaskan segera. Apalagi ternyata yang bersangkutan diketahui tidak ada riwayat perjalanan ke daerah pandemi.

“Kita sedang menjajaki dari mana riwayat penularannya. Karena beliau beraktivitas di pasar, maka ini transmisi lokal atau dari penyuplai sayur dari Medan. Mari kita tetap menjaga diri dengan mengikuti protokol kesehatan,” tutupnya.[]

Editor : Ihan Nurdin