Siswa dan Guru Sukma Almubarakah Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Siswa SMP dan SMA serta dewan guru Sekolah Sukma Almubarakah Matang Kuli menyerahkan bantuan kepada pengungsi Rohingya yang saat ini berada di tempat penampungan sementara di bekas Kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe di kawasan Peuteut, Kecamatan Blang Mangat, Rabu (1/6/2020).

Direktur Sekolah Sukma Almubarakah Matangkuli, Zubir HT, mengatakan bantuan yang diserahkan itu berupa perlengkapan mandi, sabun cuci, hygine kit, perlengkapan ibadah, serta pakaian layak pakai untuk anak-anak dan wanita.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP dan SMA Sukma Almubarakah Matangkuli,” katanya.

Zubir mengatakan awalnya para siswa mengumpul sumbangan dari dewan guru, siswa, dan wali murid. Setelah dikumpulkan uang tersebut dibelanjakan berbentuk barang.

“Kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap kondisi sosial lingkungan terutama menyangkut pengungsi Rohingya yang sudah terombang-ambing di laut lepas berminggu-minggu,” kata Zubir melalui keterangan tertulis yang diterima aceHTrend, Kamis (2/6/2020).

Zubir menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap pengungsi Rohingya terutama anak-anak.

“Di Aceh sendiri, alhamdulillah anak-anak sudah dapat mengakses pendidikan formal secara sempurna, namun anak-anak Rohingya sampai saat ini negaranya masih berkonflik, harus lari dari satu kampung ke kampung lainnya, bahkan ada yang melarikan diri mencari negara ketiga agar bisa mendapatkan pendidikan atau kehidupan yang layak,” katanya.

Menurut Zubir, maka sangat wajar ketika kita membantu mereka sebisa mungkin dan sebatas kemampuan yang kita miliki. “Semoga langkah kami juga diikuti oleh sekolah atau institusi lainnya, kegiatan ini menjadi contoh dan pelajaran penting bagi anak didik agar mereka peka terhadap persoalan sosial di lingkungannya,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin