Tak Sekadar Tren, Menanam Bunga Mempunyai Segudang Manfaat untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi tanaman hias

Akhir-akhir ini, tren menanam bunga hias sedang digandrungi oleh kaum hawa. Harganya pun kadang bikin kita tercengang. Satu jenis tanaman hias bisa dibandrol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Ternyata kegiatan menanam tanaman hias seperti bunga, rumput, dan pohon bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan mental. Hal itu karena berkaitan dengan hakikat hidup yang senantiasa berada dekat dengan alam.

Berikut manfaat menanam tanaman hias bagi kesehatan mental yang dirangkum aceHTrend dari berbagai sumber.

Mengurangi Perasaan Tertekan

Menghabiskan waktu dengan menikmati tanaman bisa meningkatkan suasana hati, mencegah stres, mengurangi agresi atau perasaan marah, serta meningkatkan kesehatan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, bercocok tanam bisa menjadi salah satu cara mengurangi perasaan tertekan. Sebab aktivitas ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres. Terlebih ketika tanaman yang ditanam berbunga dan menghasilkan buah, ada kepuasan tersendiri saat melihat tanaman tersebut.

Mengurangi Gejala Depresi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa hidup di sekitar alam dan tumbuhan bisa membantu meningkatkan suasana hati yang baik dan menurunkan gejala depresi. Sedangkan orang yang menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sekitar tumbuhan menunjukan mempunyai kesehatan mental yang lebih baik dibanding orang yang berjalan-jalan di kota.

Menjaga Kesehatan Otak

Kegiatan menanam tanaman bisa membantu menjaga kesehatan otak. Sebab saat menanam membuat seseorang lebih fokus terhadap apa yang dikerjakannya. Bila aktivitas ini dilakukan secara rutin, dapat melatih kefokusan seseorang yang baik untuk membantu terbentuknya sel saraf neuron di otak sehingga otak tetap berfungsi dengan baik.

Membuat Hidup Lebih Produktif 

Mempunyai beberapa tanaman yang ditanam sendiri membuat seseorang merasakan hidup lebih produktif. Hal ini karena ada aktivitas yang dilakukan untuk merawat tanaman tersebut. Mulai dari menanaminya, menyiram, memberikan pupuk, hingga menikmati hasil bunga dan buahnya. Terlebih bila tanaman tersebut mendatangkan minat orang lain untuk membelinya, tentu ada perasaan bahagia yang didapat dari pemilik tanaman tersebut.

Menurunkan Risiko Demensia

Demensia atau penyakit pikun rentan menyerang seiring bertambahnya usia. Nah, ternyata aktivitas menanam dapat menurunkan risiko demensia di usia tua. Sebab, berkebun dan beraktivitas di tengah tanaman disebut bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan menurunkan perilaku agresif yang merupakan salah satu ciri penyakit pikun atau demensia.

Kualitas Hidup Lebih Baik

Orang yang mempunyai tanaman memiliki kualitas hidup lebih baik karena hidupnya digunakan untuk sesuatu yang mendatangkan manfaat.Tidak sekadar memberi kesejukan di sekitar rumah, tapi juga mendatangkan kesejukan di hati. Hati yang tenang dan sejuk akan menambah kualitas hidup sehingga dapat menyehatkan mental.

Dengan segudang manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas menanam, masih adakah yang berpikir bahwa kegiatan ini bentuk kesia-siaan? Jadi, tren menanam bunga saat ini perlu dilestarikan. Selamat menanam![]

Editor : Ihan Nurdin