ACT Datangkan Armada Kemanusiaan Tangani Pengungsi Rohingya

Seorang Pengungsi Rohingya sedang mengambil makanan siap santap yang disediakan oleh ACT di Humanity Food Truck. @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Organisasi kemanusian nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendatangkan tiga unit armada kemanusiaan untuk membantu penanganan kebutuhan pangan bagi imigran Rohingya yang saat ini berada di penampungan sementara di Kota Lhokseumawe.

“Tiga unit armada kemanusian itu didatangkan langsung dari Wakaf Distribution Center di Gunung Sindur, Bogor dengan menempuh perjalanan darat empat hari tiba di Lhokseumawe dan selanjutnya akan diberi pelayanan kemanusiaan,” Kata Humas ACT Kota Lhokseumawe, Alfian kepada aceHTrend, Jumat (3/7/2020).

Baca juga: Meracik Menu Sehat untuk Korban Bencana dari Humanity Foodtruck

Alfian mengatakan, armada yang didatangi yakni humanity food truck, humanity water truck dan bersama tim medis yang menggunakan ambulans pre-hospital serta kendaraan dobel kabin sebagai pengiring.

“Armada-armada yang kini sudah berada di lokasi camp Rohingya seperti food truck yang menyediakan layanan makan siap santap yang dimasak langsung oleh chef yang didatang langsung dari Jakarta, water truck menyediakan air bersih dan ambulance pre-hospital untuk memberikan layanan kesehatan gratis,” katanya.

Alfian menyebutkan makanan siap santap pun bukan hanya dituju untuk warga Rohingya dan relawan saja, tapi juga penduduk Lhokseumawe dan Aceh. “Kehadiran food truck merupakan sebagai bentuk respons atas kebutuhan pangan yang paling penting bagi Rohingya. Pasalanya mereka tiba di Aceh tanpa bekal. Bahkan kapal yang mengangkut 99 tak layak dan hampir tenggelam,” katanya.

“Hadirnya armada tersebut menunjukkan bagaimana seriusnya ACT untuk membantu pengungsi Rohingya. Armada tersebut yang nantinya tidak hanya melayani pengungsi saja, tetapi untuk relawan juga petugas keamanan,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin