Dewan Pantau Pelayanan Penyeberangan Publik di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh memantau kondisi penyeberangan publik di Pelabuhan Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Kamis pagi (02/07/2020).

Agenda dalam rangka kunjungan kerja tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Komisi III DPRK, Teuku Arief Khalifah ST, Sekretaris Komisi, Irwansyah ST, serta  anggota Komisi Royes Ruslan SH, Sabri Badruddin ST, dan Ir Buyamin.

Teuku Arief Khalifah menyampaikan, kunjungan mereka ke Pelabuhan Ulee Lheue tersebut untuk melihat langsung proses pelayanan administrasi yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh selama pandemi Covid-19 ini.

“Dalam hal ini kami mendukung penuh kinerja dari dinas perhubungan untuk menjalankan protokol kesehatan, terutama di perbatasan seperti Banda Aceh–Sabang dalam menjalankan tugas untuk memonitor orang-orang yang masuk ke Kota Banda Aceh maupun sebaliknya,” kata Teuku Arief Khalifah.

Arief melanjutkan bahwa Komisi III juga sangat mendukung penerapan protokol kesehatan dua arah. “Dalam artian selain warga Banda Aceh yang ke Sabang, warga Sabang yang datang ke Banda Aceh juga harus memenuhi administrasi aturan kesehatan, seperti wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, serta menunjukkan surat sehat dari puskesmas setempat apabila dianggap perlu,” ujar Arief.

Dalam kunjungan itu Komisi III juga meninjau ruang tenaga medis di pelabuhan, yang bertugas memantau penumpang dari Banda Aceh ke Sabang maupun sebaliknya, untuk memutuskan mata rantai peredaran Covid-19.

“Kami juga mengapresiasi kesiapan tenaga medis yang bertugas di pelabuhan, keberadaan ruang isolasi bagi terduga covid-19 pun sudah tersedia beserta klinik. Kita terus berusaha agar wabah ini bisa segera berakhir, oleh karena itu persiapan persiapan dalam menjalankan protokol kesehatan di fasilitas publik akan sangat menentukan,” ujar Arief.

Selain itu Arief bersama rombongan juga meninjau lokasi untuk pembangunan jalan akses Nurul Arafah Islamic Center yang juga berada di Ulee Lheue. Pihaknya melihat pelaksaan kegiatan yang saat ini sedang dilakukan penimbunan serta melihat apakah ada kendala di lapangan.

“Komisi III di sini terus mendorong Dinas PU untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada terutama terkait pembebasan lahan yang di beberapa lokasi masih belum tuntas,” tutup politisi Gerindra itu.[]

Editor : Ihan Nurdin