Dewan Minta Pemko Banda Aceh Pertimbangkan Penambahan Truk Sampah

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh meminta Pemerintah Kota Banda Aceh mempertimbangkan penambahan truk pengangkut sampah untuk kebutuhan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi III, Daniel Abdul Wahab SPd saat melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gampong Jawa, Jumat (03/07/2020).

Daniel menjelaskan, berdasarkan tinjauan Komisi III ke lokasi pengelolaan sampah yang dilakukan DLHK3 Banda Aceh itu sangat rapi. Namun, berdasarkan masukan dari dinas terkait mereka masih kekurangan armada pengangkut sampah, baik  dari rumah masyarakat maupun dari TPA Gampong Jawa ke TPA Regional Blang Bintang, Aceh Besar.

Menurut Daniel, terkait masukan yang disampaikan pihak dinas,  Komisi III akan mengambil langkah-langkah terbaik. Selain karena ini berkaitan dengan kebutuhan warga, pengelolaan sampah ini juga perlu diprioritaskan dengan baik dan rapi.

“Maka terkait persoalan sampah ini kami akan duduk kembali di komisi untuk meminta pertimbangan pemko mengenai usulan tersebut, ini bukan hanya usulan dinasnya, tapi memang karena kebutuhan masyarakat yang memang sangat diharapkan untuk kebersihan di Kota Banda Aceh,” kata Daniel.

Pada kesempatan tersebut  politisi Nasdem itu juga menjelaskan, kunjungan kerja Komisi III ke TPA Gampong Jawa menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Tahun Anggaran 2019. Hal itu sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan oleh badan musyawarah untuk melihat berbagai hal terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Artinya jangan hanya melihat segala sesuatu pembahasan itu di atas meja, tapi juga melihat lansung proses pembangunan ke lapangan yang dilaksanakan di tahun 2019,” ujarnya.

Menurut penilaian Daniel, setelah melakukan kunjungan langsung ke TPA kinerja DLHK3 dalam mengelola sampah mulai dari pengambilan sampah dari rumah warga sudah cukup baik. Oleh karena itu ia juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja dinas terkait.

“Hanya saja berdasarkan masukan yang ada mereka masih kekuarangan armada untuk mengangkut sampah dari TPA Gampong Jawa ke Blang Bintang. Maka kami akan menyampaikan secara lengkap kepada pemerintah kota agar persoalan masalah armada ini minimal secara bertahap bisa disahuti dalam rangka menjaga kebersihan di wilayah Kota Banda Aceh. Karena sesuai dengan pepatah kebersihan setengah dari iman,” tutur Daniel.

Kunjungan yang dilakukan Jumat siang tersebut ikut dihadiri Ketua Komisi III, Teuku Arief Khalifah ST, Wakil Ketua Komisi, Ismawardi, Sekretaris Komisi, Irwansyah ST, serta  anggota Komisi Ir Buyamin dan Abdul Rafur.[]

Editor : Ihan Nurdin