Calon Peserta Magang di Pabrik Semen Lhoknga Membeludak

Aswar Ramli Paya (kanan) dan Helvizar meninjau seleksi peserta magang di pabrik semen PT SBA Lhoknga Aceh Besar, Senin, 6 Juli 2020. @aceHTrend/Hasan Basri

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Animo masyarakat untuk mengikuti seleksi calon peserta pelatihan dan magang kerja pada PT Solusi Bangun Andalas (SBA) sangat tinggi. Ini ditandai dengan membeludaknya jumlah pelamar pada Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh.

Sejak pendaftaran calon peserta pelatihan dan magang diumumkan melalui media sosial dan website Disnakermobduk Aceh beberapa waktu lalu, tercatat 262 calon peserta mendaftar.

“Dari 262 calon peserta itu sebanyak 11 orang gugur persyaratan administrasi (lewat batas usia maksimal 30 tahun-red) sehingga tersisa 251 calon. Hari ini ke-251 pendaftar yang lulus administrasi mengikuti ujian tulis yang kami gelar dalam lima gelombang di Disnaker Aceh,” kata Kabid Tenaga Kerja dan Penempatan Kerja Disnakermobduk Aceh, Aswar Ramli Paya, pada aceHTrend, Senin (6/7/2020).

Didampingi Jamaluddin Jamil, Ketua Forum Koordinasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Aceh, Aswar menyebutkan, dari 251 peserta itu akan diambil 32 peserta dengan nilai tertinggi untuk ikut wawancara guna menyaring 10 peserta sesuai kuota yang tersedia di PT SBA Lhoknga, Aceh Besar.

“Wawancara akan dilakukan pada Rabu (8/7) oleh akademisi, pengusaha, pemerintah dan unsur PT SBA,” sebut Aswar.

Ketua FKJP Aceh, Jamaluddin Jamil, mengawasi seleksi peserta magang di PT SBA @aceHTrend/Hasan Basri

Ketua FKJP Aceh, Jamaluddin, mengatakan kegiatan pelatihan dan magang dengan durasi lima bulan ini didanai oleh APBN melalui Disnakermobduk Aceh dan dilaksanakan oleh FKJP.

“Peserta pelatihan dan magang akan mendapat ilmu, fasilitas, dan insentif selama lima bulan penuh. Kami berharap ada dari peserta magang yang akan dikontrak kerja di perusahaan tempat magang,” ujar Jamaluddin yang Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Provinsi Aceh.

“Kegiatan pelatihan berbasis penempatan kerja ini sangat efektif dan terukur dalam penurunan angka pengangguran. Jadi kami sangat berharap pada pemerintah, baik pusat maupun daerah, agar mengucurkan dana yang lebih besar untuk kegiatan sejenis pada tahun-tahun mendatang,” harap Jamal.

Sementara Kepala Bappeda Aceh, Ir Helvizar Ibrahim MSi, yang meninjau seleksi peserta magang menyebutkan, Bappeda Aceh akan menganggarkan dana APBA pada 2021 untuk kegiatan serupa.[]

Editor : Ihan Nurdin